HMINEWS.COM, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) menyelenggarakan kegiatan Latihan Kader 1 atau Basic Training, Jumat (12/02/2021).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan LK 1 kali ini dilaksanakan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Acara pembukaan dihadiri lebih dari 100 orang terdiri dari 129 peserta LK 1 dan beberapa dari panitia serta tamu undangan. Adapun tema yang digagas yaitu “Internalisasi Etos Perjuangan pada Diri Kader melalui Latihan Kader 1 sebagai Upaya Menciptakan Tatanan Masyarakat Madani”.

Latihan Kader 1 dalam jaringan merupakan hasil Ijtihad Bidang Pendidikan dan Pelatihan HMI Cabang Yogyakarta merespon dinamika perkaderan dalam kondisi krisis kesehatan dan terpaan Pandemi COVID’19 yang tak kunjung berakhir hingga hari ini.

Ketua Komisariat HMI FH UII, Rama Kurniawan mengatakan, kegiatan LK 1 ini merupakan awal bagi para calon kader untuk berproses bersama HMI terutama dalam menjadi kader yang memiliki jiwa intelektual berdasarkan nilai-nilai islam. Penurunan intelektualitas menjadi urgensi bagi para kader dalam peradaban saat ini. Banyaknya permasalahan yang terus-menerus terjadi di Indonesia menjadi tugas khusus untuk para kader nantinya dalam membantu mewujudkan cita-cita bangsa. Sehingga akan terwujudnya tatanan masyarakat yang berkemajuan berlandaskan kekeluargaan dan keislaman.

“Maka nikmatilah seluruh rangkaian Latihan Kader 1 ini, karena disinilah awal untuk berproses bersama keluarga Himpunan Mahasiswa Islam. Disini kita akan belajar dan berproses bersama dalam organisasi. Sehingga nikmati prosesnya dan serahkan hasilnya kepada Allah SWT”.

Sementara itu, ketua Organizing Comitte (OC) Muhamad Faiz Arrafi mengungkapkan bahwa Pelaksanaan LK 1 ini selain memberikan pemahaman dan pengalaman baru bagi calon kader, diharapkan Internalisasi nilai etos perjuangan ini dapat ditanamkan dan diterapkan dikemudian hari. Etos perjuangan sendiri memiliki dua nilai didalamnya yaitu nilai istiqomah dan ikhlas.

“Pengkaderan merupakan jantungnya organisasi sehingga panitia dalam pelaksanaan Latihan Kader 1 ini akan sebaik mungkin mengoptimalkan kegiatan ini sampai selesai, semoga semua diberi kesehatan dan keberkahan dalam melaksanakan Latihan Kader 1 ini”, jelasnya.

Turut hadir Ketua Koordinator Komisariat Universitas Islam Indonesia dan Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta sekaligus membuka acara Latihan Kader 1 HMI Komisariat FH UII.