HMINEWS.COM, Himpunan Mahasiswa Islam – Majelis Penyelamat Organisasi (HMI- MPO) Cabang Medan melakukan kegiatan sosial di desa Sigarang garang, Kabupaten Karo,  Sumatera Utara. Desa tersebut hanya berjarak 3 km dari gunung Sinabung dan paling berdampak erupsi gunung Sinabung beberapa waktu lalu.

Bahkan, erupsi gunung Sinabung yang terjadi pada 10 Agustus lalu ini masih belum berhenti erupsi hingga saat ini. Hal tersebut kemudian diperparah dengan lahar dingin yang terkena di desa Sigarang Garang.

Ketua umum HMI MPO Cabang Medan, Hardiansyah Tanjung, dalam keterangan tertulisnya kepada media ini mengatakan tindakan sosial dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi tersebut. Bentuk kepedulian kepada sesama manusia dan sudah menjadi tugas mahasiswa Islam.

“Ini atas panggilan kemanusiaan dan memang tugasnya seorang mahasiswa Islam untuk berperan aktif di dalam persoalan keummatan,” kata Hardiansyah Tanjung, Rabu (26/8/2020).

Sebelumnya, HMI MPO Cabang Medan telah melakukan penggalangan dana dan membuka membuka donasi untuk dibagikan ke masyarakat yang terdampak.

Kabid PA HMI MPO Cabang Medan Ali Bastian Damanik menuturkan bahwa kegiatan tersebut memang hasil dari ummat dan dikembalikan kepada ummat yang lebih membutuhkan.

“Kita sudah buka donasi dan kita share di media social. Kita jua melakukan penggalangan dana di setiap simpang jalan.  Karena kita mahasiswa haruslah yang bersifat akomodatif dari ummat dan dikembalikan kepada ummat,” jelas Ali Bastian.

Dalam kegiatan ini, HMI MPO Cabang Medan juga berbarengan dengan Gerakan Pemuda Al-wasliyah(GPA) kota Medan.

Hardiansyah Tanjung berharap semua elemen mahasiswa dan kepemudaan untuk sama sama bergandengan tangan dalam persoalan keummatan.

“Mahasiswa dan kepemudaan harapanya bisa sama -sama untuk menyoroti persoalan keummatan dengan tindakan pasti,” harap Hardiansyah Tanjung.[]