Sleman-(2/5) Pandemi tidak menghalangi HMI Komisariat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) membedah buku Kuntowijoyo berjudul “Paradigma Islam”. Diadakan secara daring pada Jum’at (1/5), bedah buku ini diisi oleh Agung Widiantoro, pengurus HMI Badko Jabagtengtim, dari pukul 16.00 wib. Bedah buku itu fokus pada pembahasan konteks historis Islam di Indonesia dari segi transformasi dan interpretasi yang diulas Kuntowijoyo dalam bukunya.

Dalam paparannya, Agung menjelaskan “transformasi kehidupan agama dan organisasi Islam di Asia Tenggara dipengaruhi oleh perubahan tatanan ekonomi dan politik”, katanya. Kemudian, permasalahan umat Islam di beberapa negara Asia Tenggara, menurutnya, mesti disorot dalam menemukan relevansi pemikiran Kuntowijoyo hingga sekarang.

Mendekati masuk waktu buka puasa, sekitar pukul 17.30 wib. Sayyid Alhur, kader HMI Komisariat UPNVY, selaku moderator menutup bedah buku ini. Nantinya, bedah buku “Paradigma Islam” Kuntowijoyo akan dilanjutkan kembali Jum’at depan oleh HMI Komisariat UPNVY pada jam yang sama. (DH)