HMINEWS.COM, Di tengah kesibukan banyak orang dalam menyambut Tahun Baru Masehi, Pengurus Korps HMI Wati Cabang Sorong Raya menggelar Diskusi dan Do’a bersama pada Selasa, 31 Desember 2019 di Bendungan SP 1, Aimas Kabupaten Sorong.

Perayaan malam pergantian tahun ini sudah menjadi tradisi atau budaya dalam masyarakat di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia.

Perayaan tersebut dilakukan dengan cara masing-masing. Namun lebih banyak perayaan tahun baru Masehi ini ditandai dengan bakar-bakar petasan yang mengahabiskan uang yang jumlahnya cukup banyak, mulai dari ratusan, juataan bahkan mungkin milyaran rupiah.

Sebagai generasi muda yang intelek semsestinya malam kunci tahun dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan kesalahan dan kekurang yang dilakukan setahun sebelumnya. Semestinya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif dan bermanfaat untuk agama dan masyarakat.
Berangkat dari kesadaran tersebut, Pengurus KOHATI Cabang Sorong Raya menggelar Diskusi dan Do’a bersama yang bertujuan untuk mengajak para kader HMI MPO khususnya HMI Wati untuk membenah diri, mengasah intelektual, emosional dan spiritual ketimang melakukan hal-hal yang sifatnya uforia semata.
Kegiatan yang dilangsungkan pada selasa malam ini mengangkat tema: “Merajut Ukhuwah, Mempererat Persatuan, dalam mentransformasikan Nilai-Nilai KOHATI dan tujuan HMI”.

Kegiatan ini bertujuan untuk mepererat ukhuwah dan persatuan antara sesama kader HMI serta antara kader HMI dengan masyarakat sekitarnya. Selain itu, Doa Bersama untuk keselamatan Ummat muslim dan perdamaian Dunia, khususnya kepada Ummat Muslim yang mengalami penindasan dan diskriminasi di Uighur (China), Palestina, Yaman, Suriah dan yang lainnya.

Untuk diskusi sendiri dihadiri oleh tiga Pemateri yakni, Fandi Gay selaku Sekretaris HMI BADKO Maluku Papua Raya, Siarni selaku demisioner Ketua Umum HMI MPO Cabang Sorong Raya 2009-1010, dan Hambali Fata Wear selaku Ketua Komisi Perkaderan Wilayah BADKO Papua Barat.

Ketua Panitia Srikandi Rahayaan menyampaikan, kegiatan Diskusi dan Do’a bersama yang dilakukan bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaaan, kebersamaan dan persaudaraan terutama antar sesama kader HMI MPO, sekaligus dengan do’a bersama.

“Kami sangat berterimah kasih kepada Civitas HMI MPO yang turut mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan ini. Harapanya, kedepan kegiatan-kegiatan positif seperti ini lebih ditingkatkan lagi oleh HMI MPO khususnya Pengurus KOHATI,” ujarnya

Hal yang sama diutarakan oleh Rusni Hulihulis selaku Pjs. Ketua KOHATI Cabang Sorong Raya, bahwa ini adalah langkah awal Pengurus KOHATI melakukan kegiatan formal pasca dilantik kurang lebih tiga bulan kemarin. Semoga kedepan KOHATI terus progresif dalam melakukan transformasi sosial dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang dirdhoi Allah SWT. Kegiatan ini kami lakukan dengan maksud untuk membangun sinergitas antara sesama kader HMI, terutama Pengurus KOHATI dengan para kader HMI Wati.
Lebih lanjut Rusni menyampaiakan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menunjang penguatan kualitas kader HMI khususnya HMI-wati secara intelektual, emosional dan spiritual, penguatan visi dan peran kekaderan dalam memperkokoh kemajuan bangsa. Mengasah Kemampuan mengemban visi transformasi organisasi secara profesional sebagaimana Tujuan yang ingin dicapai KOHATI yaitu “Terbentuknya Sosok Mar’atusholehah Yang Mampu Melakukan Transformasi Sosial Dalam Mewujudkan tatanan Masyarakat Yang Dirdhoi Allah SWT”.
Tidak hanya diskusi, namun kami juga menggelar Doa Bersama untuk keselamat Ummat muslim dunia yang mengalami penindasan dan diskriminasi seperti di Uighur, Palestina, Yaman dan yang lainnya.[]