HMINEWS.COM, Setelah terpilih kembali melalui Konferensi ke-I HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak, Anhar Keliata selaku Ketua Umum beserta Jajaran Pengurusnya Akhirnya resmi dilantik. Pelantikan Pengurus yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja (RAKER) tersebut digelar pada hari Sabtu, 21 Desember 2019 di Gedung Aula Diklat Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Sebelumnya, HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-I pada bulan September lalu yang bertempat di Aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Asyi Syafi’iyah Fakfak.

Melalui Konfercab tersebut terpililah saudara Anhar Keliata sebagai Formatur/Ketua Umum secara Aklamasi. Ini merupakan kedua kalinya Anhar diamanahkan untuk memimpin HMI-MPO Cabang Fakfak, dimana pada periode pertama ia diangkat (Penunjukan) langsung sebagai Ketua Umum oleh Pengurus Besar HMI-MPO melalui Badan Koordinasi (BADKO) Maluku Papua Raya.

Setelah merampungkan Struktur Pengurus serta mempersiapkan Kepanitiaan dan segala hal selama kurang lebih tiga Bulan, Alhasil Kepengurusan sukses dilantik meskipun dihadapi dengan berbagai rintangan dan persoalan baik secara intern maupun ekstern. Acara  tersebut bertajuk tema: “Implementasi Ideologi dan Gerakan HMI, Ikhtiar Memperkokoh Basis Epistemik dan Normatif”. Tema ini sekaligus sebagai acuan kerja pengurus selama periode kepengurusan satu tahun kedepan.

Fandi Gay, selaku Sekretaris HMI Badan Koordinasi (BADKO) Maluku Papua Raya diberikan mandat oleh PB HMI untuk melantik Pengurus HMI-MPO Cabang Fakfak yang didampingi oleh Ketua Komisi Perkaderan Wilayah BADKO Papua Barat, Hambali Fata Wear. Dalam acara pelantikan dan Rapat Kerja ini dihadiri oleh beberapa OKP/OKPI diantaranya; Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Fakfak, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Fakfak, dan beberapa organisasi kedaerahan (Paguyuban) yang berada di Kabupaten Fakfak.

Ketua Panitia Rudi Rumaday menyampaikan, kegiatan pelantikan dan Rapat Kerja (RAKER) ini dapat berjalan lancar dan sukses karena bantuan dan support dari berbagai elemen baik Alumni HMI, DPD KNPI Kabupaten Fakfak maupun yang lainnya baik secara moril maupun materil.

:Saya dan teman-teman panitia sangat senang dan bangga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses. Kami sangat berterima kasih kepada Pengurus HMI-MPO Cabang Fakfak dan Pengurus HMI BADKO Maluku Papua Raya, para Alumni HMI dan pihak lainnya atas bimbingan, arahan dan motivasi sehingga acara ini bisa terlaksana,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Rudi mewakili Panitia dan seluruh kader mengucapkan selamat dan sukses kepada Ketua Umum dan Pengurusnya yang telah dilantik.

“Semoga amanah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diembankan. Amin,” harapnya.

Anhar Keliata, Ketua Umum HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak menyampaikan dalam sambutanya, kehadiran HMI-MPO di Kota Fakfak kurang lebih baru satu Tahun sejak 2018 dan belum banyak berkontribusi untuk membangun Ummat dan Bangsa khususnya di Kota Pala (Julukan untuk Kabupaten tertua di Papua Barat tersebut).

“Sebagai organisasi Perkaderan dan Perjuangan, HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak akan terus berupaya melakukan proses kaderisasi guna membina dan mendidik generasi Muda Islam untuk menjadi generasi yang berintelektual dan berakhlakulkarimah (Epistemik dan Normatif) yang siap bersaing diberbagai bidang,” katanya optimis.

Ia juga berpesan dan menitipkan harapan kepada seluruh elemen pemuda yang berada di Kota Fakfak agar senantiasa membangun sinergitas baik secara gerakan maupun pemikiran demi kemajuan Kota Fakfak. Karena kehadiran HMI-MPO di Fakfak bukan sebagai rival atau pesaing bagi OKP/OKPI yang sudah lebih dahulu berada di kota ini. Namun kehadiran HMI-MPO sejatinya sebagai teman atau kawan seperjuangan dalam membina Generasi Ummat dan Bangsa demi tercapainya masyarakat yang diridhoi Allah subahanahu wata’ala ujarnya.

“Secara khusus saya berharap  kepada seluruh jajaran Pengurus dan Anggota HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak agar sama-sama konsisten dalam mengawal Perkaderan dan Perjuangan di Cabang Fakfak, mengingat Cabang Fakfak adalah Cabang yang baru dibentuk dan statusnya masih sebagai Cabang Persiapan. Dan harapan saya dalam waktu dekat kita bias dapat ditetapkan sebagai cabang Penuh,” tambahnya.

Hal yang serupa diutarakan oleh Fandi Gay selaku Sekretaris HMI BADKO Maluku Papua Raya lewat kata sambutan yang disampaikan. Bahwa Pengurus dan Anggota HMI-MPO Cabang Persiapan Fakfak tetap konsisten dan lebih genjot lagi dalam mengawal perkaderan dan perjuangan.

“Terus membangun/meningkatkan gerakan dan semangat epistemik dan normatif. Kami sebagai Pengurus BADKO akan terus mengawal dan mendampingi setiap aktivitas perkaderan diwilayah BADKO termasuk HMI-MPO Cabang Fakfak,” imbaunya.

Fandi juga menyampaikan, teman-teman HMI-MPO di Fakfak harus membuka diri dan membangun komunikasi baik dengan Kelompok Cipayung dan unsur Pemuda lainnya yang ada diwilayah Fakfak.

“Karena untuk mewujudkan Misi HMI kita tidak bisa sendiri, namun perlu adanya sinergitas dari seluruh elemen masyarakat khususnya para pemuda,” tutup Fandi[]