HMINEWS.COM

 Breaking News

Muktamar Pemuda Islam, Ini Isi Piagam yang Disepakati

Muktamar Pemuda Islam, Ini Isi Piagam yang Disepakati
April 05
13:59 2019

HMINEWS.COM, JAKARTA — Sebanyak 20 organisasi pemuda Islam tergabung dalam Muktamar Pemuda Islam menyepakati komitmen ditandai dalam bentuk Piagam Pemuda Islam yang fokus pada kemandirian ekonomi ummat, Kamis (4/4/2019) malam di Hotel Kartika Chandra Jakarta.

MenpanRB Syafruddin yang hadir memberikan orasi kebangsaan sekaligus membuka acara Muktamar Pemuda Islam. Dalam orasinya Syafruddin mengatakan pemuda Islam adalah generasi cerdas yang selalu berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara.

Penandatanganan Piagam pemuda oleh 20 ketua umum organisasi pemuda di antaranya PB HMI MPO, PP KAMMI, DPP IMM, HIMA PERSIS, PB HMI, PP GPII, PMI SI, JPRMI, Pemuda PUI, DPP SEMMI, DPP PRIMA DMI, PB PII, Pemuda PERSIS, PP GP AL WASHLIYAH, PB SEMMI, PP Pemuda Dewan Dakwah, IPM, DPP BM Al Ittihadiyah, Pemuda Al Irsyad dan Syabab Hidayatullah.

Ketua PB HMI MPO, Zuhad Aji Firmantoro, mengatakan, terlaksananya muktamar ini didorong oleh satu kegelisahan bersama bahwa persoalan ummat saat ini kemampuan ekonomi yang lemah.

“Oleh karena itu, kami semua sepakat bahwa salah satu kunci kemajuan Islam di Indonesia saat ini ada di sektor ekonomi. Ini yang kita ingin sama-sama wujudkan,” jelasnya.

Dalam piagam tersebut, ada lima poin yang menjadi kesepakatan bersama. Secara garis besar disebut sebagai kesepahaman dan komitmen pemuda pada kerja-kerja kebangkitan ekonomi ummat.

Isi piagam pemuda Islam tersebut adalah:
1. Kami segenap organisasi pemuda Islam mendorong peran aktif pemuda Islam dalam agenda pembangunan nasional.
2. Kami segenap organisasi pemuda Islam berkomitmen dan berpartisipasi dalam sektor ekonomi guna menuju kemandirian ummat.
3. Kami segenap organisasi pemuda Islam mendorong peran strategis pemuda Islam dalam memajukan urusan ummat dan kemasjidan
4. Kami segenap organisasi pemuda Islam berkomitmen menumbuhkan spirit gerakan ummat yang senafas dengan perkembangan teknologi dan informasi
5. Kami segenap organisasi pemuda Islam akan selalu menjaga komitmen kebangsaan sebagai bagian dari anak bangsa dan spirit kebhinekaan

Abe

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.