HMINEWS.COM, Jakarta — Sekira sebanyak 20 organisasi pemuda Islam menggelar Muktamar Pemuda Islam di Jakarta pada Kamis (4/4/2019). Muktamar tersebut fokus membahas kebangkitan ekonomi ummat.

Organisasi pemuda Islam yang ikut hadir tersebut diantaranya, PB HMI MPO, PP KAMMI, DPP IMM, HIMA PERSIS, PB HMI, PP GPII, PMI SI, JPRMI, Pemuda PUI, DPP SEMMI, DPP PRIMA DMI, PB PII, Pemuda PERSIS, PP GP AL WASHLIYAH, PB SEMMI, PP Pemuda Dewan Dakwah, IPM, DPP BM Al Ittihadiyah, Pemuda Al Irsyad dan Syabab Hidayatullah.

Acara bertema “Spirit Kebangkitan Ekonomi Umat” ini dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/ MenPAN RB Syafruddin, yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Muktamar Pemuda Islam ini didasari spirit keumatan dalam proses perjuangan. Selain itu, keprihatinan pemuda karena belum ada kemandirian umat Islam di sektor ekonomi,” kata Philmar Rezha, Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Pemuda Islam 2019 melansir Miraj Agency.

Selain itu, muktamar ini diadakan karena melihat pentingnya sektor ekonomi, urusan umat dan kemasjidan sebagai pilar utama menuju bangsa yang berdaulat, adil dan makmur.

Philmar menjelaskan, forum ini merupakan pertemuan pertama organisasi pemuda Islam seluruh Indonesia. Forum juga fokus dalam membangkitkan kemandirian ekonomi umat

“Enggak ada nuansa politik. Pada dasarnya ketika teman-teman berkumpul mereka ingin konsen dulu pada isu kemandirian ekonomi umat,” tegasnya.

Hadir dalam acara itu, Menkominfo Rudiantara selaku Ketua DMI Bidang Kominfo. Sedangkan Menteri Perdagangan tahun 2014, M Lutfi, bersama Sekjen MUI, Anwar Abas, hadir sebagai pembicara dalam kegiatan itu.