HMINEWS.COM

 Breaking News

Silaturahmi ke MUI Jabar, HMI: Zakat Solusi Turunkan Kemiskinan

Silaturahmi ke MUI Jabar, HMI: Zakat Solusi Turunkan Kemiskinan
February 15
22:03 2019

BANDUNG, HMINEWS.COM — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Bandung Raya mengadakan kunjungan silaturahmi ke Pengurus Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Jumat (15/2/2019).

Ketua HMI MPO Cabang Bandung Raya, Fathul Nur Rahman didampingi beberapa Pengurus HMI MPO Cabang Bandung Raya diterima langsung oleh Ketua Umum MUI Jawa Barat, KH Rahmat Syafe’i dan Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, KH Rafani Achyar.

Dalam pertemuan itu, HMI MPO dan MUI mengenai problematika sosial khususnya pada masalah kemiskinan di Bandung dan di Jawa Barat secara umum.

Di hadapan Pengurus MUI, Fathul menjelaskan bahwa berdasarkan kajian HMI MPO Cabang Bandung, salah satu langkah yang bisa diambil untuk menurunkan angka kemiskinan yakni melalui menguatkan peran zakat dan infak.

“Ketika pemerintah tidak mampu mengatasi persoalan sosial seperti kemiskinan, maka di sinilah Islam harus berperan karena Islam datang dengan membawa misi keadilan,” jelas Fathul.

Pengelolaan zakat dan infak umat Islam membantu tugas negara untuk menyejahterakan kehidupan rakyat. Zakat dan infak merupakan sumber dana non-APBN yang bermanfaat untuk penanggulangan kemiskinan dan mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.

Dalam kesempatan itu, Fathul juga membeberkan data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Jawa Barat bahwa jumlah total Kepala Keluarga (KK) warga Bandung mencapai 747.923 KK sedangkan total keseluruhan warga bandung berjumlah 2.452.179 jiwa. Jumlah tersebut belum termasuk data warga pendatang seperti mahasiswa yang belum tercatat dalam Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil.

“Artinya, jika kita menarik zakat dan atau infak 2,5 persen dari penghasilan total penduduk maka sudah bisa mengatasi masalah seperti kemiskinan. Misalnya Rp. 10.000 dikali dengan 747.923 KK maka akan menghasilkan jumlah Rp. 7.479.230.000 dan jika Rp. 10.000 dikalikan dengan jumlah total penduduk Bandung yaitu 2.452.179 akan menghasilkan Rp. 24.521.790.000. Jumlah tersebut sudah bisa digunakan untuk umroh bagi beberapa warga miskin apa lagi hanya untuk mengatasi masalah kelaparan,” kata Fathul.

Di akhir pertemuan, Ketua Umum MUI Jawa Barat KH. Rahmat Syafe’i menyatakan sangat mendukung dan mengapresiasi sumbangan pemikiran dari HMI dalam merespon masalah sosial.

Silaturahmi ini merupakan kali pertama dilakukan Pengurus HMI Cabang Bandung Raya sejak dibentuk pada 2018 lalu. Fathul berharap, melalui silaturahmi ini akan terjalin sinergitas antara HMI dan MUI.

Abe

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.