Seiring dengan semakin berkembangnya bidang kontraktor kolam renang, inovasi desain kolam renang pun menjadi semakin beragam. Kekhawatiran tidak bisa membuat kolam renang karena tidak adanya lahan yang luas pun semakin tersingkirkan. Pasalnya, saat ini banyak desain kolam renang yang dapat diaplikasikan di lahan dengan ukuran yang sempit sekalipun.

Tidak hanya di luar rumah maupun di dalam rumah, saat ini kolam renang juga dapat Anda terapkan di atap rumah atau rooftop. Desain semacam ini tentunya dapat menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan kolam renang di rumah, namun tidak memiliki cukup lahan. Dan lahan sisa satu-satunya yang belum termanfaatkan adalah rooftop rumah Anda. Apabila Anda menginginkan desain kolam renang rooftop, maka inilah tips untuk Anda dalam merancang kolam renang di area rooftop rumah Anda.

Tentukan Lokasi Kolam Renang

Hal paling awal yang harus Anda persiapkan ketika hendak merancang sebuah kolam renang rooftop adalah lokasinya. Tentu saja kolam renang rooftop berada di rooftop atau atap rumah. Akan tetapi, tentukan di bagian mana persisnya kolam renang Anda akan dibangun. Sebaiknya Anda konsultasikan hal ini pada kontraktor kolam renang Anda, agar segala hal mengenai kekuatan konstruksi dapat dipertimbangkan dengan baik.

Buat Desain Kolam Renang

Setelah menentukan lokasi, maka langkah selanjutnya adalah membuat desain kolam rooftop yang Anda inginkan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sebuah desain kolam renang rooftop adalah ukuran, dinding pembatas, sistem sirkulasi serta jalurnya, cover kolam renang dan sebagainya. Pastikan desain yang Anda pilih sesuai dengan konstruksi serta desain bangunan Anda. Untuk kolam rooftop, sebaiknya hindari desain kolam renang underground. Selain cukup memakan tempat, desain semacam ini juga memerlukan pertimbangan untuk kedalamannya.

Perkuat Pondasi

Hal yang paling penting dalam merancang sebuah kolam renang rooftop adalah kekuatan pondasi dari bangunan. Pembangunan kolam renang di rooftop, tentunya akan menambah beban pada konstruksi bangunan yang berada dibawahnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperkuat pondasi bangunan Anda sebelum melakukan pembangunan kolam renang di atas rumah Anda. Untuk pondasi, Anda dapat memilih cor beton yang sudah teruji dengan beban sedemikian rupa.

Coating dan juga Waterproofing

Langkah selanjutnya setelah memperkuat pondasi bangunan adalah melakukan coating. Coating berfungsi untuk menghindari kebocoran yang mungkin terjadi ketika kolam renang telah selesai diaplikasikan. Aplikasi coating pada kolam renang rooftop sama halnya dengan coating pada kolam renang pada umumnya.

Pasang Keramik dan Decking

Setelah pemasangan selesai, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasang keramik dan decking. Decking pada kolam renang, selain berfungsi untuk memperindah kolam renang, juga berfungsi untuk membuat daerah kolam renang menjadi lebih aman. Untuk material decking, Anda dapat memilih keramik, kayu, conwood, dan lain sebagainya. Pastikan bahan decking yang Anda pilih memiliki tekstur yang tidak licin untuk menjaga keamanan Anda ketika berada di sekitar kolam renang.

Demikianlah tips yang dapat Anda terapkan jika ingin merancang kolam rooftop. Tidak hanya menjadi solusi sempitnya lahan, keberadaan kolam di rooftop tentunya juga akan memberikan sensasi berenang Anda menjadi lebih menyenangkan dengan adanya pemandangan yang menawan. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika memiliki kolam renang adalah perawatannya. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya idealpools.id dapat memberikan jasa perawatan kolam renang untuk Anda. Tidak hanya perawatan, idealpools.id juga dapat membantu Anda merancang kolam renang serta merenovasi kolam renang jika perlu perbaikan.