HMINEWS.COM, Talkshow dengan tema “Inspiring Leader Talks: SDGs, Pemangku Kebijakan, dan Gerakan Kerelawanan Pemuda, Akankah Selaras?” Kegiatan ini dilakukan oleh TurunTangan Pusat dengan bekerjasama dengan Turun Tangan Kota Banjarmasin, sebagai rangkaian dari acara Gathering Nasional Turun Tangan 2017 yang bertempat di Mahligai Pancasila Jalan Suprapto Antasan Besar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (2/12).

TurunTangan merupakan sebuah NGO (Non-government Organization) yang berperan sebagai inkubator gerakan sosial bagi anak-anak muda Indonesia yang ingin menginisiasi project sosial – di bidang politik, pendidikan, dan lingkungan –  demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Setiap tahun TurunTangan mengadakan Gathering Nasional dalam rangka membangun komunikasi antar relawan di berbagai daerah dan memberikan pelatihan kepada relawan untuk menunjang kegiatan di daerahnya. Tahun ini TurunTangan mengadakan Gathering Nasional di Banjarmasin dari 30 November – 4 Desember 2017.

Talkshow yang diikuti oleh lebih dari 150-an orang yang terdiri atas relawan TurunTangan dari 28 daerah dan aktivis sosial di Banjarmasin ini, turut menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai narasumber yang mengulas arahan dan strategi menghadapi tantangan Sustainable Development Goals (SDGs) dari sisi pemerintahan. 

Ketua Yayasan TurunTangan Muhammad Chozin Amirullah mengatakan talkshow ini mengulas bagaimana pola hubungan antara pemangku kebijakan dengan gerakan-gerakan kerelawanan pemuda dalam usaha mencapai dan menuntaskan poin-poin yang terdapat di dalam SDGs. “Keselarasan hubungan inilah yang diharapkan sehingga timbul sinergi antara pemangku kebijakan dan gerakan kerelawanan pemuda,” kata dia melalui keterangan tertulisnya, Jumat (1/12).

Dengan dilaksanakannya talkshow ini, Muhammad Chozin Amirullah berharap pola-pola gerak yang ada di gerakan kerelawanan pemuda dapat lebih meningkatkan dampak dan kebermanfaatan dari sebuah program yang dijalankan oleh Relawan TurunTangan se-Indonesia.[]