HMINEWS.COM, Pusat Kajian Israel dan Palestina (PUSKAPINA) memperingati miladnya yang pertama, lembaga ini dibentuk oleh PB HMI MPO, dalam milad ini dilaksankan dialog dan doa bersama, dialog membahas perkembangan situasi terkini di Palestina, Jumat (21/7).

Dialog berlangsung dinamis, para peserta diberi kesempatan yang sama mengutarakan pandangannya, walaupun berbeda pandangan dalam sisi tertentu, namun para peserta dialog meyakini bahwa mendorong kemerdekaan Palestina adalah hal mutlak.

Direktur PUSKAPINA, Ruslan Arief BM mengatakan masalah di Palestina terbilang kompleks, walaupun demikian kita perlu menggunakan kemampuan yang kita miliki untuk mendorong kemerdekaan Palestina.

“Dinamika di Palestina memang terbilang kompleks, banyak aktor yang turut bermain, terlepas dari hal itu segala upaya tetap perlu dikerahkan untuk mewujudkan Palestina yang merdeka dan berdaulat” Jelasnya, Jumat (21/7).

Pada kesempatan yang sama, Zaenal Abidin Riam, yang juga merupakan Wakil Direktur PUSKAPINA memandang situasi terkini di Palestina merupakan buntut dari rangkaian yang panjang.

“Situasi terkini di Palestina, khususnya tindakan pendudukan langsung Israel terhadap Al Aqsa, tidak bisa dipandang terpisah dari rangkaian panjang sepak terjang Israel di Palestina selama ini, zionis israel sangat berhasrat menguasai seluruh wilayah Palestina dengan cara yang kejam” Tegasnya.[]