HMINEWS.COM, Komisi Ekonomi Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menggelar diskusi ekonomi, tema yang diangkat adalah “Ekonomi Indonesia Dalam Pusaran Kepentingan Asing”. Salah satu topik ekonomi yang sedang hangat diperbincangkan.

Kegiatan berlangsung pada Rabu 26 Juli di Kantor PB HMI. Ada dua narasumber yang dihadirkan, yakni Bima Yudhistira dari INDEP dan Edy Suryanto sebagai Ketua Komisi Ekonomi PB HMI MPO.

Dalam pemaparannya, Bima banyak menyinggung efek negatif utang terhadap kepentingan nasional Indonesia, menurutnya lingkaran elit di Indonesia mulai resah terhadap trend pemerintah yang terus menambah utang ke China.

“China mengadopsi strategi AS dalam mengintervensi negara lain melalui utang, pemerintah harus disadarkan, eleman pemuda dan mahasiswa harus bergerak memberikan warning kepada pemrintah” Terangnya.

Sementara Edy Suryanto dalam penyampainnya banyak menyinggu realitas ekonomi skala mikro, Edy juga mengatakan bahwa diskusi ini akan didorong oleh Komisi Ekonomi PB HMI MPO agar melahirkan output kebijakan.

“Hasil dari diskusi akan kita elaborasi sehingga melahirkan kebijakan dalam merespon situasi ekonomi terkini, dalam beberapa waktu kedepan draft kebijakannya akan segera disusun” Jelasnya.[]