HMINEWS.COM, Komisi Intelektual dan Peradaban PB HMI menjalankan program silaturrahim intelektual, agenda ini dilaksanakan secara berkala, fokusnya adalah dialog dengan individu, tokoh intelektual, kelompok, dan ormas yang memiliki gagasan peradaban. Pada periode ini tema gerakan HMI adalah “HMI Sebagai Pusat Keunggulan Bangsa” dari tema tersebut diturunkan beberapa produk wacana, salah satunya “Gerakan HMI Dalam Bingkai Islam dan Kebangsaan”.

Agenda silaturrahim intelektual dimaksudkan untuk mendialogkan sekaligus mensosialisasikan wacana gerakan HMI kepada pihak luar HMI, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Zaenal Abidin Riam, Ketua Komisi Intelektual dan Peradaban PB HMI MPO.

“HMI sebagai organisasi gerakan mahasiswa tentu memiliki gagasan pemikiran, gagasan ini tidak cukup hanya menjadi konsumsi kader HMI tapi juga perlu menjadi konsumsi umat secara umum, oleh sebab itu butuh terus didialogkan dan disosialisasikan” jelas Enal, Ahad (30/7).

Sejak program ini dijalankan, telah ada beberapa tokoh intelektual yang ditemui, mereka memberikan respon positif dan pandangan konstruktif, rencananya program ini akan terus dijalankan hingga akhir periode PB HMI Periode 2015-2017.[]