HMINEWS.COM

 Breaking News

Aktifis 98 Daftarkan Uji Materi Ke MK Terkait Pasal Makar

Aktifis 98 Daftarkan Uji Materi Ke MK Terkait Pasal Makar
April 09
01:23 2017

HMINEWS.COM, Hari ini Senin 3 April 2017 jam 11.00 WIB , saya Advokat Habiburokhman yang merupakan mantan aktivis mahasiswa angkatan 1998 mendafartarkan Uji Materiil Pasal 87 yang berbunyi “Dikatakan ada makar untuk melakukan suatu perbuatan, apabila niat untuk itu telah ternyata dari adanya permulaan pelaksanaan, seperti dimaksud dalam pasal 53” dan Pasal  110 KUHP yang berbunyi “Permufakatan jahat untuk melakukan kejahatan menurut pasal 104, 106, 107, dan 108 diancam berdasarkan ancaman pidana dalam pasal-pasal tersebut “.

Pasal 87 KUHP dan  Pasal 110 KUHP tidak logis karena menyamakan percobaan dan permufakatan jahat makar dengan makar itu sendiri. Akibatnya orang yang mengkritisi pemerintah rentan sekali dijerat secara hukum dengan kedua pasal tersebut  secara bersamaan dan dituduh melakukan percobaan permufakatan makar yang ancaman hukumannya sama dengan tindak pidana utama makar.

Pasal 87 dan 110 KUHP tersebut berpotensi melanggar hak konstitusi saya dan seluruh warga negara Indonesia lainnya dan sekaligus karena bertentangan dengan Pasal 28D Ayat (1) UUD 1945 soal hak mendapatkan kepastian hukum dan Pasal 28G  ayat (1) UUD 1945 soal perlindungan untuk berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.

Dalam petitum saya menuntut agar MK menyatakan pasal percobaan permufakatan makar bertentangan dengan UUD 1945 sehingga tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat. Selain itu saya juga mencantumkan permohonan putusan sela agar  penegak hukum melakukan moratorium penggunaan pasal percobaan permufakatan makar sampai dengan adanya keputusan final dari Mahkamah Konstitusi.

Saya juga berharap agar jangan ada penangkapan dan penahahan terhadap warga negara Indonesia hanya karena melakukan rapat-rapat dan menyampaikan pendapat yang mengkritisi pemerintah. Jangan sampai ada kriminalisasi terhadap sikap kritis.

Semua pihak termasuk penyelenggara negara dan aparat keamanan harus menunjukkan komitmen menjaga demokrasi dan kebebasan menyampaikan pendapat yang susah payah kita raih sejak reformasi 1998.

SALAM DEMOKRASI

HABIBUROKHMAN

0818601333

About Author

redaksi

redaksi

kirim tulisan anda ke: redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.