HMINEWS.COM

 Breaking News

RIM Intens Galakkan Tradisi Literasi di Butur

RIM Intens Galakkan Tradisi Literasi di Butur
April 02
22:45 2017

HMINEWS.COM, Rumah Inspirasi Masyarakat Buton Utara (RIM-Butur) Jum’at lalu (31/03) gelar Lapak Baca Terbuka di Lapangan Raja Jin Kelurahan Bangkudu, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara. Usai itu, kini RIM-Butur kembali melakukan Survei Buta Huruf di Desa Wakurempa, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara.

Ketua RIM-Butur, Vebi Verlina menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat buta huruf yang ada di pelosok Kabupaten Buton Utara.

“Kegiatan ini semata mata untuk membantu masyarakat buta huruf”, ungkapnya via Whatsapp, Minggu, (2/4).

Vebi Verlina juga membeberkan hasil survei lapangan buta huruf yang mereka temukan di Desa Wakurempa pada sore tadi. Bahwa mayoritas dari masyarakat desa tidak mengerti bahasa Indonesia.

“Masih banyak yang buta huruf dan hanya satu dua kata bahasa Indonesia yang mereka tau, selebihnya mereka tidak paham”, bebernya.

Dikatakannya, masyarakat disana masih sangat original dan bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa daerah asli (Kulisusu-red).

“Mereka takut melihat orang baru. Takut bila ditanya menggunakan bahasa Indonesia”, tambahnya.

Diakuinya juga mereka agak kesulitan dalam menyesuaikan dengan masyarakat Desa Wakurempa. Tetapi, semua itu bisa diatasi dengan kemampun bahasa kulisusu yang dimili oleh anggotanya.

“Awalnya kami kesulitan, tapi ada teman yang bisa berbahasa Kulisusu”, akunya.

Dari hasil temuan survei lapangan di Desa Wakurempa tersebut, RIM-Butur berencana untuk melakukan kegiatan pengajaran buta huruf dan bahasa Indonesia pada pekan depan.

“Kami akan lakukan pengajaran gratis untuk memberantas buta huruf di Buton Utara”, tegasnya.

Diketahui, RIM-Butur beranggotakan anak muda dan bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan. Tetapi untuk saat ini mereka masih fokus di bidang pendidikan, Selasa-Jum’at buka lapak baca dan Kamis-Sabtu pengajaran gratis ke anak anak sekolah. (HDJ)

About Author

redaksi

redaksi

kirim tulisan anda ke: redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.