HMINEWS.COM

 Breaking News

HMI Komisariat FIAI UII dan LEM UII Gelar Istighosah Untuk Suriah

HMI Komisariat FIAI UII dan LEM UII Gelar Istighosah Untuk Suriah
April 14
00:38 2017

HMINEWS.COM, Kondisi Suriah yang belakangan ini semakin memilukan, mengundang simpati dari berbagai pihak, tak terkecuali di Indonesia, salah satunya datang dari Yogyakarta, HMI MPO Komisariat FIAI (Fakultas Ilmu Agama Islam) UII bekerjasama dengan LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) FIAI UII menggelar istighosah, kegiatan ini berlangsung pada Selasa 11 April 2017, bertempat di depan FIAI. Istighosah dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap Suriah, juga sebagai upaya penggalangan dana untuk korban longsor di Ponorogo.

Longsor di Ponorogo terjadi pada 1 April, hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nasional (PVMBG) menyebutkan bukit yang beralih fungsi menjadi ladang jahe menjadi salah satu penyebab Longsor. Longsor susulan sempat terjadi pada 9 April.

Dalam istighosah ini ada sesi pembahasan tentang latar belakang konflik Suriah, dengan menghadirkan pembicara Dr. Ahmad Sahide, S,IP.,M,A. Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam pemaparannya Ahmad Sahide menekankan bahwa masalah Suriah bukan hanya masalah rakyat Suriah, tapi merupakan masalah seluruh umat Islam.

” Polemik yang saat ini tengah dihadapi oleh saudara muslim kita di Suriah bukanlah menjadi masalah mereka saja. Hal yang menimpa saudara kita disana adalah masalah dan kegundahan besar yang dihadapi oleh seluruh muslim dibelahan bumi ini” tegasnya, Selasa (11/4).

Konflik di Suriah awalnya dilatarbelakangi keinginan masyarakatnya untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, namun tidak digubris oleh penguasa, tambah pria yang biasa disapa Ahmad ini, keinginan tersebut melahirkan gerakan poeple power, akan tetapi gerakan tersebut berupaya dibungkam oleh rezim yang berkuasa.

“Bentrok yang terjadi di negara-negara Timur Tengah sana dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat untuk ingin kualitas hidupnya menjadi lebih baik, namun tidak digubris oleh pemerintah yang menjabat kala itu. Karena hal ini maka people power hadir di berbagai negara  itu diantaranya Mesir, Tunisia, dan Suriah” jelasnya.

Konflik di Suriah merupakan konflik terpanjang dari rangkaian Arab Spring, bila Tunisia dan Mesir relatif telah stabil kembali, maka tidak halnya dengan Suriah, hal ini karena Suriah menjadi ajang pertarungan dua negara adidaya, Amerika Serikat dan Rusia.

“Suriah saat ini dikelilingi oleh negara adidaya (Amerika Serikat dan Rusia) yang sama-sama memiliki kekuatan yang luar biasa dan memiliki latar belakang yang sangat berbeda. Peperangan yang terjadi diantara kedua negara adidaya ini memakan korban masyarakat sipil yang tidak berdosa. Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum HMI Komisariat FIAI UII, Ahmad Muthahhar, mengatakan kegiatan ini memperlihatkan bahwa HMI memiliki kepekaan terhadap masyarakat, serta mampu berbuat nyata untuk masyarakat.

“Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan yang sangat luar biasa, sudah seharusnya HMI terjun langsung ke lapangan untuk berbaur dengan masyarakat. Kegiatan ini bisa menstimulus  kepekaan dan kepedulian kader terhadap masyarakat, Insha Allah manfaat dan ridho-Nya kita dapatkan bersama-sama. Semoga HMI tetap Istiqomah untuk bisa selalu menyelenggarakan kegiataan serupa. Yakin Usaha Sampai” tuturnya, Selasa (11/4).

Hal senada disampaikan Ketua LEM FIAI UII, Ananda Abdillah Amanu, menurutnya kegiatan ini merupakan inisiatif bersama LEM dan HMI, salah satu tujuannya untuk menggerakkan hati nurani agar peka dengan masalah sosial.

“Kegiatan seperti ini menjadi inisiatif bersama dari LEM dan HMI untuk sama-sama menggerakkan hati nurani kita agar peka terhadap permasalahan sosial, dan sejauh ini FIAI merupakan fakultas pertama yang menyelenggarakan kegiatan peduli Suriah dan penggalangan dana untuk korban longsor di Ponorogo, hal ini merupakan contoh nyata dari fungsi mahasiswa itu sendiri. Semoga kegiatan ini mampu memotivasi rekan-rekan yang lain agar sama-sama berjalan beriringan menuju ridho-Nya” bebernya, Selasa (11/4). (GMA)

About Author

redaksi

redaksi

kirim tulisan anda ke: redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.