HMINEWS.COM

 Breaking News

Diksar Mapala UII Berakhir Tragis, Tiga Anggota Tewas

Diksar Mapala UII Berakhir Tragis, Tiga Anggota Tewas
January 25
10:16 2017

HMINEWS.COM, Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Islam Indonesia (UII) berakhir tragis.

Tiga orang anggota Mapala tewas akibat kekerasan fisik selama kegiatan tersebut.

Korban yang tewas antara lain, Syaits Asyam, 19, Muhammad Fadli, 20, dan Ilham Nur Padmi Listiadi, 20.

Ketiga korban tersebut tewas setelah menjalani diksar di camp Pranten/Mrutu, Dusun Tlogodringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sri Handayani, ibunda dari korban Syaits Asyam mengatakan bahwa sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhir, anaknya sempat mengatakan bahwa ia menerima tindak kekerasan saat melaksanakan Great Camping tersebut.

Dengan terbata lantaran nafas yang sangat sulit, Asyam sempat menyebut nama Yudi yang diduga melakukan pemukulan tersebut.

“Anak saya bilang merasa sakit di punggung dan bagian leher karena disabet menggunakan rotan bilang oleh Yudi. Saya tulis di kertas dan itu yang saya catat sebelum kemudian dia meninggal dunia,” kata Sri, Selasa (24/1/2017).

Mendengar penjelasan terakhir sang anak sebelum meninggal, keluarga lantas berusaha mencari penyebab kematian dengan melakukan prosedur otopsi.

“Ayahnya yang ikut tahapan mengatakan ada luka memar di paru-paru sebelah kanan dan itu yang menyebabkan Asyam sulit bernafas,” imbuhnya.

Hal inilah yang kemudian membuat pihak keluarga melakukan upaya hukum dengan melaporkan ke pihak kepolisian.

“Kami dari keluarga tetap meminta polisinmengusut tuntas agar tidak terjadi lagi hal seperti ini kedepan, kami akan tetap meneruskan proses hukum,” lanjut paman almarhum, Tri Margono.

Pendidikan Dasar Mapala UII sendiri digelar pada 13 Januari hingga 20 Januari dan diikuti oleh 37 orang peserta.

Sebelum kegiatan tersebut, Mapala Unisi sendiri beberapa kali mengunggah promosi kegiatan tersebut di akun media sosialnya, baik itu di Facebook, Instagram maupun Twitter.

“Hallo Mahasiswa aktifis muda, penerus bangsa dan agen perubahan. Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Islam Indonesia (MAPALA UNISI) proudly present, Open Recruitmen: “THE GREAT CAMPING XXXVII MAPALA UNISI” demikian pengumuman rekrutmen yang dibagian melalui akun facebook Mapala Unisi pada 28 Desember 2016.

Sementara itu, di akun instagram @mapalaunisi juga terdapat sejumlah dokumentasi pada saat akan berangkat hingga beberapa dokumentasi kegiatan selama pelaksanaan Diksar.

Adapun akun instagram tersebut, belakangan diketahui langsung diatur pada posisi pribadi, sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Diketahui, akun ini dibanjiri sejumlah komentar yang mengutuk aksi kekerasan.

About Author

Redaksi

Redaksi

Redaktur di hminews.com. Kirim tulisan anda di email Redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.