HMINEWS.COM, Jakarta– Parade Kebudayaan yang digelar  di Car Free Day, Jakarta Pusat, Minggu 4 Desember 2016. Selain bendera dan atribut partai politik, dalam aksi tersebut terlihat juga bendera Himpunan Mahasiswa Islam yang dibawa peserta aksi 412, atau 4 Desember.

Munculnya atribut dan bendera HMI tersebut itu menimbulkan berbagai macam presepsi dan perhatian dari berbagai pihak.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar HMI-MPO, Muhammad Fauzi, membantah dan mengatakan bahwa HMI Tidak ikut serta dalam aksi parade kebudayaan tersebut.

Berikut Pernyataan Sikap Pengurus Besar HMI-MPO :

Parade kebudayaan hari ini mingggu, 04 Desember 2016 bertepatan dengan Car Free Day yang dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) menyisakkan banyak problem, ditengah parade kebudayaan 412 tersebut terdapat atribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang dipergunakan secara serampangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

menanggapi persoalan ini PB HMI MPO menyatakan sikap :

  1. HMI MPO tidak ikut serta dalam aksi parade kebudayaan 412 hari ini di bundaran Hotel Indonesia Jakarta 
  2. Mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh oknum yang membawa atribut HMI pada parade kebudayaan 412 tersebut
  3. Akan mengusut panitia parade kebudayaan 412 dan melaporkan oknum-oknum yang mencemarkan nama baik HMI ke pihak yang berwajib
  4. Meminta maaf kepada umat Islam dan masyarakat Indonesia atas penggunaan atribut HMI oleh oknum yang tidak bertanggung jawab pada parade kebudayaan 412 tersebut
  5. HMI tetap konsisten mengawal proses hukum kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama sehingga memenuhi rasa keadilan masyarakat.Jakarta, 04 Desember 2016.

    Ketua Umum (Muhammad Fauzi)                          Sekretaris Jenderal (Endri Somantri)