HMINEWS.COM, Jakarta- Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 mendatang, akan diikuti oleh tiga pasangan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur.

Dari tiga pasangan calon tersebut, dua diantaranya adalah alumni HMI atau anggota KAHMI. mereka adalah Anies Baswedan calon gubernur yang berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno sebagai wakilnya dan Sylviana Murni yang menjadi calon wakil gubernur dari pasangannya Agus Yudhoyono.

Walaupun ada dua anggota KAHMI yang ikut dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut, Namun Ketua Majelis Nasional KAHMI, Mahfud MD menyatakan bahwa KAHMI secara institusi akan bersikap netral.

“HMI tidak mendukung secara institusi,” Kata Mahfud MD, usai acara Milad KAHMI Ke 50, di Hotel Bidakara, Jakarta Rabu malam (28/09/2016)

Menurut Mahfud, Anies Baswedan dan Sylviana Murni merupakan sosok kader yang bagus, Namun KAHMI tidak dapat mendukung salah satunya secara Institusi, namun hanya membantu dengan do’a saja.

“KAHMI secara organisasi hanya dapat mendoakan kandidat kepala daerah yang merupakan warga KAHMI dapat bertarung dengan baik dan mengedepankan kejujuran” Ujar Mahfud

Lebih lanjut Mahfud mengatakan, ungkin, secara perorangan, banyak yang mendukung Anies. Tapi, dari sisi institusi, KAHMI tidak mendukung calon manapun.

Anies Baswedan adalah alumni HMI UGM dan pernah menjadi Pengurus PB Bidang Hubungan Internasional sewaktu ia belajar di Amerika dan sekarang presidium Nasional KAHMI, sementara Sylviana Murni pernah menjadi Wakil ketua Kohati PB HMI 1981.

Kedua tokoh HMI tersebut hadir dalam acara peringatan Milad KAHMI yang ke 50 tahun di Hotel Bidakara. kehadiran mereka berdua sempat menjadi sorotan dan banyak kader yang meminta berfoto selfie bareng.