Himpunan Mahasiswa Islam Badan Koordinasi Jawa Bagian Barat (HMI BADKO JABAGBAR) adakan Musyawarah Daerah (MUSDA) di Aula Pengadilan Negeri Agama Provinsi Banten pada tanggal 14-15 Mei 2016. acara tersebut dihadiri oleh 8 Cabang HMI yang termasuk di Wilayah Jawa Bagian Barat.

Pada sambutan pembukaan, Ketua HMI Badko Jabagbar Endri Soemantri menuturkan bahwa “kini Himpunan Mahasiswa Islam yang sudah berumur cukup tua, yaitu 69 tahun mengawal bangsa Indonesia, HMI sudah melahirkan berbagai kader bangsa di berbagai profesi. mulai dari politisi, pengusaha, petani bahkan guru yang tersebar diseluruh nusantara”.

Badan Koordinasi adalah perpanjangan tangan dari PB HMI untuk mengawal perkaderan di wilayahnya, yang dimaksud perkaderan itu tidak hanya latihan kader semata tetapi pembinaan secara moril terhadap kader dalam konteks sehari-hari.

Khususnya HMI Badko Jabagbar punya peran penting dalam mengawal issue issue strategis keumatan baik regional maupun nasional.

Musda HMI Badko Jabagbar dirangkaikan dengan dialog publik dengan tema “Revitalisasi Peran Lembaga Kepemudaan dalam Menjawab Tantangan di Era MEA”.Ujar Endri

dalam sambutannya, ia juga memaparkan bahwa peran MEA di Indonesia diakhir 2015 mau tidak mau, suka tidak suka masyarakat harus menerimanya. Peran masyarakat khususnya Kader HMI mau menjadi penonton atau pemain, sebuah dilematis bagi masyarakat Indonesia yang berpenduduk 250 juta jiwa dengan setengah dari masyarakan ASEAN ini menjadi tantangan ketika Sumber Daya Manusia belum siap terhadap Era MEA ini.

Peluang bagi masyarakat Indonesia ketika para pemuda mempunyai paradigma berkewirausahaan secara inovasi ekonomi dengan sosial-budaya dan kearifan lokal yang sangat beragam ini bisa dikemas untuk masyarakat ASEAN dan tidak luput dari sinergitas atau kepedulian dari Pemerintah.

“Kedepannya kader kader yang potensial siap dalam mengawal perkaderan dan perjuangan HMI di Wilayah Jawa bagian Barat dan semoga pada Musda Badko kali ini menjadi momentum konsolidasi internal untuk masyaratk yang di ridhoi Allah SWT” Tambah Ketua Badko Demisioner Endri Soemantri

Dalam Dialog Publik kali ini dihadiri langsung oleh narasumber Kanda Ubaidillah Badrun mantan Ketua HMI Badko Jawa Bagian Barat sekaligus Pengamat Politik Nasional dari Universitas Negeri Jakarta. Dan Kanda Chozin Amirullah mantan Ketua Umum PB HMI sekaligus Staff Ahli Kemendikbud.

(AM/HMI Cabang Tangerang Raya)