HMINEWS.COM

 Breaking News

PB HMI: Kasus Sumber Waras Contoh Korupsi Sistematik Terorganisir

PB HMI: Kasus Sumber Waras Contoh Korupsi Sistematik Terorganisir
May 06
20:00 2016

HMINEWS.Com – Praktek korupsi di Indonesia mengalami pergeseran pola yaitu dari yang melibatkan birokrasi, kepala daerah dan wakil rakyat ke pihak dengan aktor yang hampir sama namun dengan perluasan cakupan keterlibatan. Demikian disampaikan Ketua Komisi Politik PB HMI MPO, R Aria Bima Sakti.

“Perluasan cakupan keterlibatan ini sebenarnya terkait dengan sifat korupsi dari yang personal dan atau bersama-sama ke sistematik terorganisir. Korupsi yang melibatkan aktornya hanya berkaitan dengan pemuasan syahwat politik individual birokrasi atau kepala daerah bersangkutan,” kata Bima di Jakarta (3/5/2016) melanjutkan.

Menurutnya, korupsi yang dilakukan wakil rakyat terjadi dengan memanfaatkan kewenangan yang dimiliki dalam hak penggunaan anggaran namun pemanfaatan tersebut tidak dapat dikatakan bahwa lembaganya yang korup. Karena dengan hak sebagai kuasa pengguna anggaran demi kepentingan tertentu, dapat dikatakan rentan terjadi korupsi politik dalam hal tersebut.

Korupsi yang berwatak individual ini mengalami pergeseran pola dalam pengelolaan kekuasaan. Dalam hal ini Ketua Komisi Politik PB HMI Aria Bima Sakti mendesak KPK RI menyelidiki keterlibatan Gubernur Basuki T. Purnama alias Ahok sebagai pemegang kuasa atas rakyat dan membawahi pemerintahan di DKI Jakarta.

“Ahok adalah aktor utama dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta, dalam kasus yang merugikan keuangan negara hingga ratusan miliar ini, yang juga telah menjadi temuan BPK, patut diduga menjadi kasus korupsi politik yang berdimensi kepentingan individual,” demikian tegas Bima.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Facebook Kami

Dapatkan update berita kami

Terimakasih sudah berlangganan

Terjadi kesalahan.

About

Hminews.com adalah website media pergerakan anak muda masa kini. Kami mewartakan berita dan opini dari anak muda dari berbagi pergerakan mahasiswa. kirim artikel anda ke redaksi at hminews.com.