Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru mengadakan pelantikan  pengurus, di Gedung Aula Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, dengan tema “Merestorasi perkaderan dan perjuangan HMI-MPO dalam menghadapi tantangan zaman”, (24/05/2016).

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal PB HMI, Endri Soemantri yang melantik pengurus secara langsung menyampaikan bahwa Belakangan ini banyak berita miring mengenai HMI. Padahal HMI tidak hanya melahirkan politisi. tapi juga banyak yang menjadi pengusaha, ulama, guru, dan bahkan masyarakat biasa.

ia juga menambahkan bahwa Tidak bisa dipungkiri, HMI yang sudah berumur 69 tahun telah ikut mengawal perjalanan bangsa Indonesia.

maka pada era ini, menurutnya, Indonesia menjadi sebuah negara rebutan kepentingan Asing, dengan segala isu yang digulirkan untuk kepentingan kapitalis asing barat dan sekutunya. atau etnis China dalam tanda kutip, China yang mengkapitalisasi bangsa ini. apalagi Indonesia yang saat ini harus berkompetisi dengan negara-negara ASEAN di era MEA.

Untuk itu, menurutnya, HMI sebagai organisasi kemahasiswaan bersama organisasi kepemudaan lainya harus memainkan perannya dalam mengawal MEA.

Pada kesempatan tersebut, HMI Cabang Pekanbaru menyerahkan bantuan korban pemboman Aleppo oleh rezim assad Kepada PB HMI MPO yang diwakili oleh Endri Soemantri dari PB HMI, untuk kemudian disalurkan sebagai bentuk kepedulian umat Islam. (*Dd)