HMINEWS.Com- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI – MPO) bertemu Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri. Pertemuan ini membicarakan dampak dari pernyataan Ketua KPK Saut Situmorang perihal HMI yang menuai kecaman.

Ketua UmumPB HMI Muhammad Fauzi memimpin langsung rombongan bertemu Kapolri pada Kamis (12/5/2016) siang.

Pertemuan ini menghasilkan sejumlah kesepakatan. Pertama, Kapolri meminta agar cabang-cabang HMI di daerah tak lagi membuat laporan polisi sebab locus delicti-nya berada di Jakarta. Maka laporan & pemberkasan perkara akan dipusatkan pada Bareskrim Mabes Polri.

Kedua, Kapolri mempersilakan & membolehkan aksi-aksi HMI sepanjang tak anarkis. Ketiga, kasus Saut Situmorang jangan dibenturkan pada masalah isu SARA, muslim & nonmuslim. Keempat, Polri akan tetap menindaklanjuti laporan dugaan perkara pidana yang sudah dilaporkan PB HMI (MPO) sebelumnya.

Kelima, tak menutup kemungkinan penyidikan Mabes Polri bakal menambahkan pasal-pasal tambahan apabila dalam pemeriksaan ditemukan alasan untuk itu. Keenam, Polri tetap berkomitmen atas laporan kasus ini dan akan mengusutnya.

“Saran-saran Kapolri akan kita tindaklanjuti, khususnya soal aksi agar tidak anarkis serta tidak melebar menjadi isu SARA,” kataMuhammad Fauzi usai pertemuan.