HMINEWS.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta akan kembali menyelenggarakan Latihan Kader 2 (Intermediate Training). Acara tersebut diagendakan terselenggara selama tujuh hari pada tanggal 16-23 Maret 2016.

Tema yang diangkat kali ini adalah “Diskursus Budaya & Teknologi: Telaah Fenomena Instrumentasi Ilmu Pengetahuan”. Tema ini berangkat dari pertanyaan yang muncul saat ini, siapakah yang memegang otoritas, manusia ataukah teknologi?.

“Konsep penguasaan manusia atas alam melalui teknologi sebenarnya sudah hadir sejak lama. Namun kendati demikian, apabila pada masyarakat mitologis tidak terdapat garis dikotomis antara alam dan manusia. Maka masyarakat modern justru menarik garis demarkasi antara dirinya dengan alam. Tadinyapun, ragam teknologisasi digunakan untuk menata alam. Namun sekarang teknologi malah digunakan untuk menata sesama manusia. Jika masyarakat primitif menjiwakan benda-benda, maka masyarakat modern justru membendakan jiwa-jiwa.” Bunyi sepenggal paragraf yang diambil dari Term of Reference (ToR) Lk2 HMI Cabang Yogyakarta kali ini.

Peserta LK2 nantinya diharapkan dapat memunculkan gagasan-gagasan segar untuk permasalahan-permasalahan yang muncul dari tema diatas. Hal ini senada dengan tujuan LK2 seperti tertulis pada Pedoman Perkaderan HMI, yaitu untuk menumbuhkan kemampuan analitis dalam merespon pesoalan keumatan dengan ketegasan sikap.

Syarat bagi peserta yang akan mengikuti pelatihan ini diantaranya: membawa surat keterangan bisa baca tulis Al-Quran dari komisariat atau cabang yang bersangkutan, telah lulus LK1, membuat resume Khitah Perjuangan, membuat makalah sesuai tema, membuat review sejarah HMI, menghafal surat Ad-Dhuha sampai An-Naas dan mengikuti seluruh proses seleksi.

Proses seleksi tentu tidak berjalan cukup mudah, mengingat tingginya minat kader-kader HMI dan terbatasnya kuota peserta. Sejauh ini pihak panitia telah menyebarkan surat permohonan delegasi ke seluruh cabang HMI se-Indonesia, hal ini demi mengakomodir kebutuhan seluruh kader HMI.