HMINEWS.COM

 Breaking News

Aksi Serempak HMI MPO: Ambil Alih Freeport!

Aksi Serempak HMI MPO: Ambil Alih Freeport!
December 11
00:22 2015

HMINEWS.Com – Pada Hari Anti Korupsi sedunia, Pengurus Besar dan Cabang-Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) melakukan aksi serempak di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia, Kamis (10/12/2015).

Aksi penolakan Freeport di Jakarta

Aksi penolakan Freeport di Jakarta

Di Jakarta Ketua Umum PB HMI MPO, Muhammad Fauzi memimpin langsung demonstrasi, dimulai dari Bundaran HI berjalan kaki bersama puluhan anggota HMI dari Cabang se-Jabotabek menuju Istana Merdeka. Menyuarakan tuntutan agar para mafia Freeport diadili dan PT Freeport hengkang dari Indonesia, serta emas Papua dikelola oleh negara untuk kesejahteraan rakyat.

Di Gorontalo, para pengurus cabang HMI MPO juga menjalankan instruksi yang dikeluarkan PB HMI MPO sehari sebelumnya, yaitu aksi terkait kisruh PT Freeport. Aksi dilakukan di Bundaran Kampus UNG hingga ke kantor RRI Gorontalo. Menurut salah seorang pengurus HMI MPO Gorontalo, aksi ini sempat mendapat ancaman pembubaran dari pihak kepolisian karena polisi mengaku lelah setelah sehari sebelumnya mengawal Pilkada. Namun aksi berlangsung aman hingga selesai, tanpa pengawalan polisi.

Penolakan terhadap Freeport oleh HMI MPO Gorontalo

Penolakan terhadap Freeport oleh HMI MPO Gorontalo

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, HMI MPO Cabang Yogyakarta dan Sleman melakukan aksi bersama Gerakan Indonesia Berdaulat di seputar Tugu Yogyakarta. Tak ketinggalan, HMI MPO Cabang Purworejo juga berunjukrasa di Bundaran Kota menuju Alun-alun hingga ke DPRD Kabupaten, menyuarakan tuntutan agar aset Freeport dinasionalisasi.

Dalam instruksi ke cabang-cabang HMI MPO sehari sebelumnya, Ketua Umum PB HMI MPO Muhammad Fauzi menyatakan bahwa Freeport telah terlalu lama mengeruk emas dari bumi Papua, sedangkan manfaat yang diberikan bagi bangsa dan masyarakat Indonesia, khususnya Papua, tidak sebanding.

Aksi yang dilakukan oleh pengurus HMI MPO Cabang Purworejo

Aksi yang dilakukan oleh pengurus HMI MPO Cabang Purworejo

Menurut Fauzi, kasus ‘Papa Minta Saham’ sebagaimana diungkap Menteri ESDM Sudirman Said menjadi momen bagi Indonesia untuk segera memutus kontrak karya PT Freeport Indonesia.

“Segera putuskan kontrak karya PT Freeport Indonesia. Berantas mafia Freeport, dan pengelolaan SDA di lokasi yang ditambang Freeport harus dilakukan oleh BUMN. Ini sebagai bentuk tanggungjawab Pemerintahan Jokowi-JK terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama Papua,” kata Fauzi.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

1 Comment

  1. Hadi
    Hadi December 12, 14:51

    Setuju, YAKUSA!
    Kader HMI UMB

    Reply to this comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.