HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Sleman melaksanakan pelantikan pengurus baru Komisariat Kehutanan UGM. Acara tersebut berlangsung di sekretariat HMI Komisariat Kehutanan UGM yang terletak di Dukuh Karanggayam, Depok, Sleman, Jum’at (4/12/2015).

Dengan dibalut suasana kesederhanaan dan penuh khidmat, acara ini dipimpin langsung oleh Mukhlis Sai Putra selaku Formatur terpilih HMI MPO Cabang Sleman dan dihadiri oleh berbagai komisariat yang ada di lingkup Cabang Sleman seperti Komisariat Ekonomika dan Bisnis, Peternakan, Kedokteran Hewan, Teknik, ISIPOL, dan Komisariat Pertanian yang keseluruhannya merupakan berasal dari Universitas Gadjah Mada. Selain itu, acara pelatikan ini dihadiri oleh Bpk. Teguh Yuwono selaku Alumni Komisariat dan Juga menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Kehutanan UGM.

Terselenggaranya acara ini merupakan salah satu bukti keberhasilan pola regenerasi kepengurusan komisariat kehutanan UGM. Selain itu, kegiatan ini pula menjadi momentum pengingat bagi seluruh komisariat yang ada untuk terus melakukan proses kaderisasi demi menjamin kesinambungan komisariat yang ada.

Formatur HMI MPO Cabang Sleman mengakui saat ini terjadi degradasi dan penurunan dalam perkaderan jika dilihat dari tren tahun-tahun sebelumnya. Hal yang perlu dilakukan adalah menyusun strategi perkaderan yang efektif dan lebih masif, mempertahankan komisariat yang ada saat ini agar terus mampu menjalankan fungsi kaderisasinya dan mengembangkan komisariat-komisariat yang sempat ada maupupun membentuk komisariat persiapan bagi kader-kader Cabang Sleman di luar UGM.

“Selama satu tahun kedepan HMI Cabang Sleman harus mampu fokus dalam menanggapi hal ini. Perkaderan merupakan salah satu kunci HMI dalam melanjutkan perjuangannya. Tentunya komitmen itu harus tertanam dalam diri kader, pengurus komisariat maupun cabang serta dukungan dan peran alumni pula sangat penting dan dibutuhkan” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Bpk. Teguh Yuwono yang hadir mewakili alumni memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kader.

“Meskipun saat ini minat mahasiswa untuk berkecimpung dalam organisasi sedikit berkurang, dalam organisasi manapun sepertinya demikian, saya sedikit menantang Mas Adam selaku ketua komisariat baru untuk dapat meningkatkan kader baru komisariat minimal 50 orang dalam kepengurusan ini. Saya beserta kakak-kakak alumni juga akan terus mendukung demi keberhasilan hal tersebut,” ucapnya membakar semangat para pengurus baru.

Komisariat kehutanan merupakan salah satu komisariat besar dan tertua di HMI Cabang Sleman. Komisariat ini pula tercatat mampu menghasilkan kader kader HMI yang berkualitas serta memiliki integritas yang tinggi dalam berkontribusi di tengah masyarakat. Salah satu contoh nya ialah 4 dari 5 Dirjen dalam Kementrian Lingkungaan Hidup dan Kehutanan RI tercatat sebagai alumni Komisariat Kehutanan UGM serta masih banyak alumni-alumninya yang berkiprah baik dalam sektor kehutanan maupun bidang-bidang lainnya.

Tentunya setiap komisariat di HMI memiliki catatan-catatan perjalanan tersendiri dalam dinamikanya sebagai rahim induk lahirnya sosok-sosok kader berkarakter dan berdaya juang tinggi demi terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita HMI.

Choiruddin Alfi
Kader HMI Cabang Sleman