HMINEWS.COM

 Breaking News

Alwi Shahab: Masid-masjid di Menteng Karya HMI

November 13
02:17 2015

HMINEWS.Com – Wartawan senior Alwi Sahab menyambut kunjungan Pengurus Besar HMI MPO di kantor redaksi Republika, Rabu (11/11/2015). Langkahnya yang tertatih tak menghalangi semangatnya untuk berbagi pengalaman kepada generasi muda, khususnya kader HMI.

Begitu masuk ruang redaksi, personel PB HMI menyambut dan memapahnya ke tempat duduk. “Saya sengaja datang karena mendengar ada kunjungan HMI,’ ujar pria sepuh yang mengawali karirnya sebagai wartawan saat usianya mendekati 20.

Alwi Sahab mengaku, kenangan dengan HMI yang paling membekas baginya adalah saat terjadi upaya pengganyangan HMI oleh PKI, yang dipimpin langsung oleh Ketua CC PKI, DN Aidit, yang terkenal dengan ungkapannya kepada kader CGMI atau PKI, ‘Jika tidak bisa membubarkan HMI, lebih baik kalian pakai sarung saja!.”

“Saya ingat betul bagaimana bersemangatnya Aidit Waktu itu di hadapan Bung Karno untuk mengganyang HMI,” tambahnya.

Ia pun menceritakan bagaimana militannya kader-kader HMI menghadapi ancaman PKI yang begitu gencar waktu itu. Bahkan setelah terbunuhnya sejumlaah jenderal Angkatan Darat, HMI makin memantapkan sikap untuk membubarkan PKI. Dalam rangka ini banyak kader HMI memenuhi sekretariat PB di Jalan Diponegoro dan sekitarnya. Namun mereka kesulitan melaksanakan shalat sehari-harinya. Oleh karena itu HMI meminta pihak terkait agar gedung yang sekarang menjadi kantor BAPPENAS itu dijadikan masjid, akan tetapi ditolak.

Kemudian Istri Almarhum Jenderal Achmad Yani, Amelia, mempersikakan kader-kader HMI shalat di rumahnya di Jalan Latuharhary.

“Kalian harus ingat, di kawasan elit Menteng itu dulunya belum ada masjid, karena Belanda membangun kawasan itu sekaligus untuk program Kristenisasi. HMI lah yang berjasa atas adanya masjid-masjid di Menteng, seperti Masid Cut Mutia, Masjid Cut Nyak Dien, dan Masjid Sunda Kelapa,” ungkapnya.

Alwi yang hingga kini masih produktif menulis itu tak ragu menyebutnya sebagai masjid-masjid karya HMI.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.