HMINEWS.Com – Seminar Nasional Lafran Pane hasil kerjasama KAHMI Nasional dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Rabu (11/11/2015) di Yogyakarta melahirkan rekomendasi untuk mengusung Lafran Pane (pendiri HMI) sebagai Pahlawan Nasional. Berikut isi deklarasi dan rekomendasi tersebut.

MENIMBANG:

1. Bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pejuangnya yang telah memberikan jiwa, raga, dan pemikirannya untuk kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia.

2. Bahwa sejak usia relatif muda Lafran Pane telah merumuskan dan berjuang tanpa henti untuk mewujudkan cita-cita perjuangannya mempertahankan Negara Republik Indonesia dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam.

3. Dengan kredo perjuangannya itu, Lafran Pane telah berhasil membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan intelektual Muslim.

4. Bahwa kredo perjuangan Lafran Pane itu adalah sebuah gagasan atau pemikiran besar yang menunjang pembangunan bangsa dan negara, bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas, meningkatkan harkat dan martabat bangsa, dan mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

5. Bahwa Lafran Pane telah melakukan pengabdian dan perjuangan secara konsisten yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melampaui tugas yang diembannya.

MEMPERHATIKAN:
Pendapat yang berkembang dalam forum seminar, baik yang disampaikan oleh narasumber maupun oleh para peserta.

MENGINGAT:
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan; khususnya Pasal 25 dan Pasal 26 mengenai syarat umum dan syarat khusus untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional.

MENYIMPULKAN DAN MEREKOMENDASIKAN:
1. Agar segenap komponen bangsa meneladani jiwa kepahlawanan, cita-cita, dan semangat perjuangan Lafran Pane sebagai seorang idealis yang telah menyatukan secara utuh di dalam dirinya identitasnya sebagai Muslim dan jatidirinya sebagai warga negara Indonesia.

2. Atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara, Lafran Pane pantas dikukuhkan oleh negara sebagai Pahlawan Nasional.

Yogyakarta, 11 November 2015

Majelis Nasional KAHMI, Ir. Subandrio
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A