HMINEWS.Com – Ormas Persatuan Islam (PERSIS) dan PERSISTRI menggelar Muktamar ke-15, bertempat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Muktamar dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya pada pembukaan muktamar, Jusuf Kalla menyampaikan penghargaannya kepada PERSIS, yang dalam perjalanan sejarah bangsa ini telah menunjukkan andil besarnya, khususnya dalam amar ma’ruf nahi munkar melalui pendidikan, dakwah dan aktivitas sosial, ekonomi dan politik.

“Sejak awal PERSIS melalui tokohnya seperti pendiri PERSIS  A. Hassan yang melakukan korespondensi masalah agama dan kenegaraan dengan Presiden Soekarno,” kata Jusuf Kalla saat membuka muktamar Persis dan Persistri, di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (21/11/2015).

Selain A Hassan, Mohammad Natsir merupakan tokoh PERSIS yang juga selalu berkorespondensi dengan Soekarno, menyumbangkan ide cemerlang bagi bangsa ini seperti Mosi Integral sebagai solusi dari ancaman disintegrasi.

“Sejarah ini mengajarkan agar jajaran Persis saat ini melakukan dukungan kepada pemerintah sekaligus bersikap kritis bila pemerintah ada yang salah,” lanjut Wapres JK.

Wapres juga menyampaikan keprihatinannya atas kondisi dunia Islam yang tengah dilanda pertikaian. Untuk itulah Indonesia perlu terus memupuk toleransi dan hidup dalam damai, saling menghormati satu sama lain.

Sementara Ketua DPR Zulkifli Hasan yang juga hadir dan menyampaikan orasi pra-muktamar, menyampaikan agar umat Islam terus meningkatkan kualitas hidup, penguasaan iptek dan kemajuan. Menurutnya, umat Islam tidak selayaknya bertengkar karena hal-hal sepele yang akan berakibat terbengkalainya banyak urusan penting umat ini.