HMINEWS.COM

 Breaking News

Aji Dedi Mulawarman: Waspadai Siklus Satu Abad

Aji Dedi Mulawarman: Waspadai Siklus Satu Abad
October 18
00:04 2015

HMINEWS.Com – Penulis buku Jejak Perjuangan Tjokroaminoto, Dr. Aji Dedi Mulawarman mengingatkan bangsa Indonesia akan siklus satu abad. Yaitu, menurutnya, siklus berjaya atau tumbangnya sebuah bangsa atau peradaban tiap satu abad.

“Dalam siklus satu abad akan ada dimana satu peradaban akan tenggelan dan peradaban bangsa menjadi maju. Maka dari itu kaum muslimin, khususnya generasi muda harus mempersiapkan diri menyongsong kebangkitan,” kata Aji Dedi Mulawarman dalam diskusi publik pada Festival Al A’zhom Kota Tangerang dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah, Sabtu (17/10/2015).

Khusus di Indonesia, Aji Dedi mencatat, siklus satu abad itu bisa dibaca seperti kemunculan Diponegoro yang menandai babak baru Tanah Jawa, kemudian kehadiran Tjokroaminoto sebagai Bapak Bangsa yang mengkader para pemimpin bangsa seperti Sukarno, Agus Salim, Hamka, dan lainnya.

Sementara tokoh muda yang juga menjadi pembicara, Ubedilah Badrun, mengkritisi kecenderungan bangsa Indonesia yang kebablasan mengartikan dan menerapkan demokrasi, sehingga melebihi bangsa Barat dimana demokrasi diproduksi. “Orang Indonesia dalam menerjemahkan demokrasi sayangnya text book, sehingga demokrasi Indonesia lebih demokrasi ketimbang Amerika,” ungkapnya.

Festival Al A’zhom Kota Tangerang digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru¬† 1437 Hijriyah. Acara ini diadakan oleh Disporparekraf Kota Tangerang, BKPRMI Kota Tangerang dan HMI (MPO) Cabang Tangerang Raya, mulai tanggal 13-24 Oktober 2015 di komplek Masjid Al A’zhom Kota Tangerang.

Festival diisi dengan bazar berbagai produk kerajinan UKM, perlombaan marawis, kasidah, serta kegiatan ilmiah seperti dialog publik dan seminar. Festival dibuka oleh Kabid Pemuda Kota Tangerang, serta dihadiri Walikota Tangerang, Arief F Wismansyah.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.