HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Tual Maluku Tenggara telah melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Cabang Periode 1436-1437 H / 2015 – 2016 M. Diadakan di Gedung LPTQ Kota Tual, Sabtu (18/10/2015) mulai jam 09:00 WIT.

Jajaran Pengurus HMI MPO Cabang Tual yang dilantik tersebut adalah Ketua Umum Rahmat Ohoirenan, Sekretaris Umum Faisal Rumkel, dan jajarannya, yang dilantik oleh Mufala Warwefubun (Staf Komisi Ekonomi PB HMI MPO).

“Kami mengharapkan agar Cabang se-Indonesia, kususnya Cabang Tual-Malra, harus menjalankan semua aktifitas organisasi sesuai aturan (konstitusi) HMI, kemudian pengurus yang akan dilantik lebih memperkuat internal dalan hal ini kajian dan pengkaderan karena itu adalah ruh Organisasi HMI sendiri, pengurus juga harus jeli untuk melihat problem atau dinamika yang ada di kedua daerah ini, sekaligus peran aktif dalam membina dan membela kepentingan masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara,” ujar Mufala Warwefubun sebelum membacakan ikrar pelantikan.

Sesudah dilantik, Ketua terpilih, Rahmat Ohoirenan, menyampaikan komitmennya untuk menjalankan roda organisasi sesuai konstitusi.

“HMI memiliki tiga komitmen utama dalam aktivitasnya, yaitu komitmen ideologis, komitmen epistimologi, dan komitmen organisatoris. Komitmen ideologis di aplikasikan melalui karakteristik gerakan HMI yang berbasis pada ajaran Islam. Islam bagi HMI, tidak hanya sebagai sebuah ritus formal belaka, namun lebih dari itu, merupaka landasan perjuangan serta petunjuk dalam berpikir. Komitmen organisatoris diejawantahkan dalam penguatan aspek kepemimpinan dan manajerial, serta keterampilan dalam mengola persoalan, maka itu saya mengharap HMI-MPO Cabang Tual-Malra agar bisa berjalan dengan baik dan berpatokan kepada tiga poin di atas,” kata Rahmat.

Kegiatan tersebut dihadiri Drs. Muuti Matdoan M.S.i, (Kadis Koperasi dan UKM Kota Tual) yang sekaligus menyampaikan sambutan dalam acara dimaksud. Ia mengucapkan selamat dan menyampaikan rasa  bangganya dengan HMI MPO Tual dan berharap dapat terus mengawal pembangunan daerah.

“Kami sangat mengharapkan agar bisa bekerja sama dengan HMI-MPO dalam semua rangkaian kegiatan organisasi, Pemerinta Kota Tual juga memberikan peluang kepada kader-kader yang berkulitas/bisa diandalkan untuk Tual kedepan nanti, apa lagi kader dari putra daerah kita sendiri, karena saya merasa HMI-MPO mempunyai kemampuan untuk bisa membina kader-kader yang berkualitas,” ujar Drs. Muuti Matdoan, M.Si. Tamu lain ada dari unsur TNI-POLRI, ORMAS, OKP, OKPI, media massa, dan lainnya.

Ketua paniti pelantiikan, Soleman Tatroman, mengucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh kader dan bantuan semua pihak atas terselenggaranya acara ini.

Faisal Rumkel