HMINEWS.Com – Senin 5 Oktober 2015 kembali ramai di media sosial (tv, radio, facebook, dll) rakyat Indonesia dengan bangga menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kita masih ingat 70 tahun silam 5 Oktober 1945 Presiden Ir.Soekarno membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) kemudian menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden Ir.Soekarno mengubah nama TRI menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Harapan besar rakyat Indonesia kepada TNI bukan tanpa alasan sebab TNI adalah alat negara yang bertugas menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dewasa ini bangsa kita sangat terpukul dengan beragam praktek mafia lintas negara, perdagangan manusia, mafia narkotika, mafia perikanan-kelaparan, mafia pembabatan hutan; seluruhnya dilakukan lintas negara tanpa ada alat negara yang mematahkan, melumpuhkan dan menangkap jejaring mafia internasional tersebut.

Kita berharap lewat semangat HUT TNI ke 70 yang mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”, TNI kita tampil menjadi Kesatria sejati yang menempatkan visi kedaulatan NKRI di atas kepentingan pribadi. Anggota TNI haruslah tampil menjadi kesatria sebagai mana yang ditunjukan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Dalam sejarah kita membaca bagaimana Jenderal Besar Soedirman walaupun rasa cinta terhadap keluarga, walaupun ditawari hidup “nyaman” di Kota oleh Presiden Ir.Soekarno, meski dalam keadaan sakit parah, Jenderal Besar Soedirman tetap bergelirya melawan agresi Belanda demi mewujudkan NKRI merdeka dan berdaulat.

Hari ini di HUT ke-70 kita berharap prajurit TNI harus meneladani sikap kesatria Jenderal Besar Soedirman, Angkatan Laut harus berani dengan ikhlas berlama-lama di lautan lepas atau di pulau terluar menjaga kedaulatan laut NKRI, Angkatan Darat harus berdiri di garda depan perbatasan darat menjaga kedaulatan NKRI dan Angkatan Udara jadilah garuda yang perkasa menjaga kedaulatan udara NKRI.

Kita bangga terhadap prestasi TNI selama 70 tahun dan kita berharap TNI tetap jaya dan terus berbenah menjadi Angkatan Elite yang disegani oleh dunia. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI-MPO) menyampaikan Dirgahayu Tentara Republika Indonesia bersama Rakyat TNI kuat, hebat dan Profesional menuju NKRI yang Berdaulat.

Abdul Malik Raharusun
Sekretaris Jenderal PB HMI