HMINEWS.Com – Mahasiswa Iniversitas Islam Riau (UIR) dan HMI MPO Pekanbaru berunjukrasa di Kantor DPRD Riau. Memprotes kebijakan pemerintah yang dinilai membuat ekonomi Indonesia terpuruk. Mereka berorasi dan menyampaikan petisi yang ditandatangani bersama.

Aksi diikuti 200-an mahasiswa dari beberapa fakultas di UIR. Mereka menaiki sepeda motor dan menumpang bus kampus. Namun kedatangan mereka tertahan di halaman kantor DPRD, sehingga berujung pada aksi pembakaran keranda ‘Presiden Jokowi’ selama sejam.

“Mahasiswa Riau menginginkan adanya perbaikan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu kami sampaikan petisi ini untuk diteruskan kepada Pak Presiden. Petisi ini dirumuskan kawan-kawan mahasiswa dan dosen UIR pada 3 September,” Kata Mensospol BEM UIR, Henky Fernando, Jum’at (4/9/2015).

Khusus untuk perbaikan ekonomi Riau, mereka menuntut agar menempatkan orang-orang yang ahli dalam bidangnya, mereformasi birokrasi, melaksanakan land reform atau pembebasan lahan pertanian yang selama ini selalu beralih fungsi menjadi lahan industri. Mahasiswa Riau juga menginginkan pemerintah agar lebih nasionalis dan berpihak kepada rakyat, apalagi di tengah krisis yang sedang melanda seperti saat ini.

Bambang S