HMINEWS.Com – Jajaran Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Yogyakarta hasil Konferensi ke-64 dilantik. Pengurus dengan Ketua Umum Makruf Riyanto tersebut dilantik di Aula Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Ahad (29/3/2015).

Ketua Umum PB HMI  MPO, Puji  Hartoyo bertolak dari Jakarta untuk mengambil ikrar para pengurus cabang tersebut. Kemudian usai pelantikan dilanjut dengan seminar bertema “Reorientasi Kepemimpinan menuju Indonesia Berintegritas,” dengan pembicara Puji Hartoyo serta Profesor Jawahir.

Menurut Profesor Jawahir Thontowi, perkaderan HMI saat ini mengalami diskontinuitas, dengan indikator banyaknya alumni yang berkonflik, tersangkut kasus korupsi, dan sebagainya. Untuk itu perkaderan harus diperkuat, HMI harus menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

“Ideologisasi harus diperkuat, kualitas dan kemampuan harus ditingkatkan. Lebih-lebih tahun ini kita akan menghadapi MEA,” lanjutnya.

Sementara Puji Hartoyo, mengulas sejarah perjuangan pemuda dan mahasiswa yang punya peran besar terhadap bangsa dan negara. Kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan 1945, era 1965, hingga Reformasi 1998.

“Tapi pascareformasi gerakan mahasiswa mengalami kemunduran. Sekarang jadi PR kita bersama untuk mengembalikan semangat gerakan mahasiswa, salah satunya dengan rekayasa organisasi,” kata Puji.

Rekayasa organisasi yang dimaksud adalah memperkuat internal organisasi, kultur dan perkaderannya, serta terus meningkatkan perannya dalam kehidupan yang lebih luas.