HMINEWS.Com – Kumpulan pewarta di Kota dan Kabupaten Bekasi menggelar pameran foto budaya. Betempat di halaman Kantor Kecamatan Tarumajaya, Bekasi, Sabtu (28/3/2015). Pameran juga dimeriahkan dengan atraksi pencak silat Betawi dalam ritual ‘Palang Pintu.’

Menurut salah seorang panitia, Ahmad Suryadi, perhelatan ‘Pameran Foto dan Gelar Budaya Bekasi’ ini merupakan bentuk kepedulian forum Lintas Wartawan Bekasi (Liwasi) terhadap budaya Bekasi, yang menurutnya kurang mendapat perhatian pemerintah setempat. Pameran ini terbuka dan gratis bagi warga masyarakat.

Foto-foto yang dipamerkan adalah hasil jepretan para pewarta yang tergabung dalam Liwasi. Dalam penampilan atraksi pencak silat, para pesilat menggunakan golok tajam. Ada juga yang menggunakan tongkat pada sesi penampilan tarung ‘Ujungan’.

“Seperti atraksi palang pintu, atraksi seni ujungan dan penampilan golok besar yang merupakan senjata tajam ciri khas Bekasi,” tutur pria yang akrab disapa dengan sebutan Kong Are ini.

 Sementara itu, Bupati Bekasi yang diwakili oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas), Iyan Priyatna, mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Jurnalis Bekasi.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan positif, seperti melestarikan Budaya Bekasi dan menampilkan hasil foto para jurnalis Bekasi,” ujarnya.

Selah satu pengunjung Pamera Foto, Noni (12) mengatakan, adanya kegiatan ini menjadi inspirasi tersendiri bagi pelajar di wilayah Tarumajaya. Seperti mengenal Budaya Bekasi dan mengetahui langsung foto hasil jepretan wartawan Bekasi, terlebih kegiatan seperti ini jarang sekali ada di Tarumajaya.

“Kegiatan ini sangat menginspirasi bagi kita khususnya pelajar, dalam mengetahui budaya dan foto hasil jerpretan wartawan Bekasi,” ujar Noni di lokasi acara.

Hadir pula dalam pameran ini, Camat Tarumajaya Agus Sopian, Kapolsek Babelan Kompol Ardi Rahananto, Waka Polsek Tarumajaya AKP Kliwon, Danramil Tarumajaya Surya, Ketua Apdesi Agus Sopyan serta Tokoh Seni dan Budaya Bekasi. Ratusan warga pun berdatangan untuk melihat langsung pameran foto dan atraksi Budaya Bekasi yang makin langka ini.

Indra Gunawan