HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini gelap berusia 68 tahun sejak diprakarsai oleh Lafran Pane 5 Februari 1947 silam. Tepat dua tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.

Dalam rangka memperingati hari lahirnya HMI, Pengurus Cabang Palopo menggelar Milad HMI ke 68 dan dibarengkan dengan pembukaan Intermediate Training (LK II) Regional Se-Indonesia Timur.

Acara yang digelar di Gedung Veteran Kota Palopo ini (5/2/2015), dihadiri oleh Kapolres Kota Palopo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Ir. Muh. Kasim Alwi, dan Pengurus KAHMI Kota Palopo, Haedar Djidar, SH.MH.

KAHMI Kota Palopo berharap HMI semakin memantapkan perkaderan serta pembinaan generasi muda di Kota Palopo. Tentu upaya tersebut tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun dengan banyaknya gagasan yang berkualitas dan kuatnya silaturahim diantara keluarga besar HMI bisa berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan kebangsaan.

“Milad HMI adalah waktunya bersilaturahim dengan sesama kader baik yang sudah alumni, senior dan yunior”, kata Haedar Djidar dalam sambutannya.

Sekda Kota Palopo, Ir. Muh. Kasim Alwi menambahkan bahwa dalam pembinaan masyarakat dan generasi muda kota Palopo dibutuhkan kerjasama seluruh elemen untuk terlibat.

“Sinergitas pemuda dan mahasiswa (HMI) dengan pemerintah sangat diharapkan terutama dalam hal pembinaan generasi muda, seperti kegiatan LK II ini”, ujar Muh. Kasim Alwi, Sekretaris Daerah Kota Palopo. .

Ketua Umum HMI Cabang Palopo, Akbar A., dalam sambutannya menghimbau seluruh kader menjadikan Milad HMI sebagai memontum dan refleksi serta bisa mengambil manfaat positif dari perjalanan pemrakarsa berdirinya HMI, Lafran Pane.

“Milad sebagai momentum, karena kader bisa bersilaturahim dengan keluarga besar HMI, alumni senior dan yunior. Baik dalam pengertian bertemu berjabat tangan maupun gagasan untuk perubahan”.

“Milad juga diperingati sebagai medium refleksi kedirian kader dan lembaga, sejauhmana kerja-kerja kelembagaan ke arah pencapaian cita dan perkaderan HMI”.

Karena itu HMI Cabang Palopo akan menyelenggarakan Intermediate Training (LK II) Regional Se-Indonesia Timur. Diantara pesertanya berasal dari HMI Cabang Palopo, Majene, Bau Bau dan cabang-cabang di Indonesia timur lainnya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari, tanggal 5 – 15 Februari 2015. (Efsy)