HMINEWS.Com – Pada tanggal 19-23 Januari 2015 sejumlah anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HM) Komisariat FEB UGM mengikuti kegiatan on the job training di bank pembiayaan rakyat syariah milik YAHMI (Yayasan Harta Mulia Insani).

Kegiatan ini bermula dari tawaran magang dari alumni HMI FE UGM yang tergabung dalam YAHMI. Tawaran itu pun akhirnya diambil oleh Ketua Komisariat HMI FEB UGM agar nantinya anggota HMI FEB UGM lebih mengetahui ekonomi Islam dan kiprah alumni HMI FE UGM dalam membangun ekonomi secara riil.

Berbeda dengan on the job training lainnya, training ini para trainee tidak bekerja sebagai karyawan, namun dibekali kemampuan mengelola perbankan syariah. Dengan demikian diharapkan nantinya mereka akan bisa melanjutkan jejak alumni HMI FE UGM dalam membangun perekonomian yang lebih adil dan riil berdasarkan prinsip ekonomi Islam.

Bekal tersebut berupa pengetahuan mengenai sistem keuangan di perbankan syariah, sistem pembiayaan maupun pendanaan di perbankan syariah, dan bagaimana alumni HMI FE UGM bisa membangun BPRS HIK (Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah).

Awalanya ide mendirikan BPRS HIK ini muncul pada tahun 1986 (sebelum ada bank umum syariah Indonesia). Ini bermula dari kegundahan mengenai ikatan alumni HMI FE UGM. Akhirnya muncullah ide untuk mendirikan BPRS yang nantinya diharapkan dapat tetap merekatkan hubungan antar alumni HMI FE UGM. Ini pun terbukti hingga saat ini alumni HMI FE UGM tetap solid dalam memperjuangkan nilai-nilai keadilan melalui BPRS HIK.

Kegiatan ini diharapkan berjalan tiap tahunnya untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan anggota HMI FEB UGM akan pentingnya peran perbankan syariah dalam mendukung pengembangan ekonomi Islam di dunia.

Aanisah Kusdinar Purwandari