HMINEWS.COM

 Breaking News

HMI MPO Cabang Baubau Gelar Konferensi III

HMI MPO Cabang Baubau Gelar Konferensi III
December 11
00:55 2014

HMINEWS.Com – Proses regenerasi kepengurusan kembali terjadi di HM MPO Cabang Baubau, dibuktikan dengan digelarnya konferensi ketiga. Kegiatan ini berlangsung pada 8 Desember 2014, bertempat di Sekretariat HMI MPO Cabang Baubau, Jalan Gadjah Mada No 215, Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Konferensi ini dibuka secara langsung oleh ketua HMI MPO Badko Sulambanusa, Zaenal Abidin Riam.

Dalam sambutannya, Ketua Badko Sulambanusa menjelaskan rekayasa Badko dalam mendorong kemandirian cabang di wilayah Badko Sulambanusa. Menurutnya, wacana kemandirian cabang telah lama digaungkan, namun ada kesalahan berpikir dalam upaya merealisasikannya.

“Adanya pemetaan cabang sentrum dan cabang satelit yang selama ini berlangsung di Badko justru semakin menjadikan cabang satelit selalu tergantung ke cabang sentrum. Jika ketergantungan masih terjadi, maka tidak mungkin sebuah cabang bisa mandiri, oleh sebab itu Badko Sulambanusa periode ini tidak lagi membuat pemetaan cabang sentrum dan satelit, semua cabang kita anggap sama tanpa mengabaikan statusnya, cabang yang selama ini belum mandiri wajib didorong untuk keluar dari ketergantungan lalu mandiri mengelola cabangnya,” kata Zaenal Abidin Riam panjang lebar.

Konferensi ini dihadiri sejumlah kader dari berbagai komisariat, beberapa mantan pengurus cabang pada dua periode sebelumnya, juga turut hadir. Suasana konferensi berlangsung alot namun tetap dalam nuansa kekeluargaan, kondisi ini khususnya terlihat saat pengurus cabang membacakan LPJ, beberapa kader memberikan pertanyaan kritis terkait kebijakan cabang yang selama ini menurut mereka tidak tepat, menanggapi hal tersebut, pengurus cabang memberikan klarifikasi latar belakang pengambilan beberapa kebijakan, setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya LPJ pengurus cabang dinyatakan diterima.

Suasana kekeluargaan juga terlihat saat pemilihan formatur ketua cabang, dari tiga nama yang dianggap layak lulus kriteria, dua diantaranya telah terlebih dahulu mengundurkan diri, yakni La Atu, mantan Ketua Bidang PTK, dan Rahmat Fajar La Ihi, mantan Ketua Cabang Periode 2012–2013, sehingga secara otomatis John Mbaeda Lahangi ditetapkan sebagai Formatur Ketua Cabang Terpilih.

John sebenarnya merupakan Mantan Ketua Cabang Periode 2013 – 2014, karena forum konferensi mempercayakan John sebagai formatur terpilih, maka secara otomatis John akan kembali menakhodai HMI MPO Cabang Baubau selama satu periode ke depan.

Dalam pernyataannya ia menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak punya ambisi untuk kembali menjadi ketua cabang, namun karena forum konferensi kembali mengamanahkan dirinya untuk memimpin cabang, ditambah dua kandidat lainnya telah kukuh pada pendiriannya untuk mengundurkan diri dari pencalonan, maka ia merasa amanah ini merupakan tanggung jawab yang perlu diterima. Menurutnya, untuk membangun HMI MPO Cabang Baubau ke depan, maka kerja sama  tetap dibutuhkan, bukan hanya dari sesam pengurus cabang kelak, namun juga dari pengurus dan kader sejak HMI MPO Cabang Baubau didirikan.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.