HMINEWS.Com – Longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karang Kobar-Banjarnegara Jawa Tengah diperkirakan menelan korban 108 orang. Menrut Pusat Informasi dan HUmas BNPB Daerah Banjarnegara, korban ditemukan  hingga Kamis (18/12/2014) sore mencapai 87 orang, sedangkan yang belum diketemukan ada 21 orang.

Pencarian terus dilakukan untuk menemukan korban yang kemungkinan tertimbun longsoran yang terjadi pada Jumat (12/12) lalu tersebut. Berbagai pihak turut serta dalam pencarian, terdiri dari tim BNPB, warga sekitar maupun relawan yang berasal dari berbagai organisasi masyarakat dan lembaga kemanusiaan.

Perhatian khalayak terhadap bencana ini cukup besar. Di berbagai daerah relawan mengumpulkan dana, bantuan obat dan makanan serta bantuan lainnya untuk para korban. Seperti dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Duafa, Rumah Zakat, serta tim relawan kemanusiaan lainnya.

Hari Terakhir Pencarian

Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo, tadi malam mengumumkan pencarian korban akan diakhiri hari ini. Sedangkan masa tanggap darurat diberlakukan hingga dua hari ke depan, 21 Desember.

“Nantinya tanggap darurat juga bisa diperpanjang hingga setengah bulan ke depan,” kata Sutedjo Slamet Utomo usai rapat koordinasi dengan muspika dan perwakilan BNPB, BPBD Jawa Tengah serta komandan korem 071/Wijayakusuma.