John Lie
Pahlawan Nasional Laksamana Muda John Lie Tjeng Tjoan (Manado 1911-Jakarta 1988)

HMINEWS.Com – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) John Lie diresmikan di Pelabuhan Nasional Bitung, Sulawesi Utara. Peresmian dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio., MM., Sabtu (13/12/2014) siang.

Peresmian KRI John Lie merupakan bagian dari upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. “Ini adalah bentuk Upaya dari Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros maritim Dunia, maka diperlukan Pengaman Wilayah Maritim yang kuat demi memenuhi hal itu,” kata Kasal, Laksamana TNI Marsetio dalam pidatonya.

John Lie sendiri, yang berasal dari etnis Tionghoa, merupakan pahlawan nasional yang berjasa terhadap negara Indonesia, khususnya saat awal kemerdekaan ketika Belanda melancarkan agresinya ke Indonesia. Sebagai penghormatan kepadanya, dinamakanlah KRI bernomor 358 ini dengan nama KRI John Lie. Istrinya turut hadir dalam peresmian ini.

Peresmian yang sempat diguyur hujan ini juga dihadiri sejumlah pejabat daerah maupun nasional, seperti Gubernur Sulut, Dr. Sinyo Harry Sarundajang, Danlantamal VIII Wilayah Sulut Laksamana TNI Suleman Bandjarnahor, Walikota Bitung Hanny Sondakh beserta Jajaran Pimpinan Pemkot Bitung.

Selain itu ada jajaran pejabat dari Lantamal Bitung, Komando Distrik Militer (Kodim) Bitung, Marinir AL, TNI AU, Polda beserta Polresta dan Korps Brimob Sulut, yang mengamankan peresmian. Pertunjukan khas Sulawesi Utara; Tarian Kabasaran dan Maengket dipertontonkan pada acara ini.