unida bndrHMINEWS.Com – Salah satu komisariat di Bogor yang menjadi basis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) sejak masa Asas Tunggal adalah Komisariat Universitas Djuanda (UNIDA), Bogor. Meskipun tertatih namun tetap bertahan hingga hari ini, dan menggelar Pleno II dalam masa kepengurusannya. Masih konsisten dengan gerakan keumatan dan perkaderannya.

Perjalanan HMI MPO Komisariat Unida menurun setelah 2006, yang saat itu pernah menjadi Koorkom yang besar dan kini menjadi komisariat, dan itu pun hampir stagnan, kata Kabid Perkaderan  HMI MPO Cabang Bogor, Heru Jauharudin.

“Komisariat UNIDA adalah komisariat besar di jamannya sampai menjadi Koorkom di cabang Bogor, tetapi ini sebuah kenyataan UNIDA hari ini stagnan karena berbagai faktor, mulai dari internal HMI cabang bogor dan internal kampus sendiri, serta minat mahasiswa diera sekarang yang sangat miris dengan organisasi kemahasiswaan,” demikian kata Heru dalam perhelatan Pleno II HMI MPO Komisariat Djuanda (31/10/2014).

Meski begitu, HMI MPO Cabang Bogor berharap, dengan optimisme kader-kader yang masih bertahan dan masih berlangsungnya kaderisasi, HMI MPO Djuanda dapat kembali berjaya.

Harapan serupa disampaikan kader baru, yang juga Ketua Komisariat Djuanda, Fahreza. Ia menginginkan Komisariat yang dipimpinnya dapat terus bergerak, bahkan menyamai komisariat lain di Cabang Bogor, seperti Komisariat UIKA, STKIP Muhammadiyah Bogor dan Komisarait Laa Roiba.

“Kami punya keyakinan seperti keyakinan kami kepada Allah sebagai penolong yang akan menolong dan memberi kekuatan sehingga HMI MPO di Unida bisa seperti dahulu,” ungkapnya.

Menurutnya, Pleno II Komisariat ini adalah bukti komitmen mereka membangun komisariat menjadi komisariat mapan di Cabang Bogor.

Asep Kurnia