HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Yogyakarta menyelenggarakan Forum Pimpinan dan Training Manajemen Organisasi (FORMITRA). Unsur Pimpinan dari 22 Komisariat dan 2 Komisariat Persiapan di lingkup HMI MPO Cabang Yogyakarta coba diundang serta dikumpulkan di forum tersebut dengan tujuan memunculkan gagasan bersama terkait rekomendasi bagi program kerja yang di utamakan bagi pemerintahan Jokowi-JK ke depan.

Mengambil Tema “ Membangun Kesadaran Manajemen Organisasi sebagai Ikhtiar Konsolidasi HMI Memperbaiki Diri dan Membangun Bangsa” dengan terlebih dahulu diawali oleh Training Manajemen Organisasi bagi para unsur pimpinan komisariat.

Kegiatan di hari pertama, Sabtu (1/11/2014) acara diadakan di Sekretariat HMI MPO Korkom UII, Yogyakarta. Tujuan yang disasar bagi peserta adalah untuk meningkatkan dan memotivasi bentuk menajemen organisasi di lingkup komisariat masing-masing di lingkungan HMI Cabang Yogyakarta. Dalam penjelasannya ketua panitia FORMITRA, Riko, mengatakan bahwa para pemimpin Komisariat begitu berpengaruh bagi hidupnya kegiatan dan perjuangan di lingkup komisariat masing-masing.

“Karenanyalah coba difasilitasi melalui agenda ini, dan bertepatan dengan berkumpulnya seluruh unsur pimpinan komisariat coba juga dilaksanakan forum gagasan untuk mengawal dan membantu merekomendasikan prioritas dalam program kerja pemerintahan yang baru terbentuk agar lebih maksimal dan bermanfaat,” kata Riko.

Di hari kedua, acara berlangsung di Sekretariat Pelajar Islam Indonesia (PII) DPW DIY. Kegiatan ini memang terlihat cukup disambut antusias oleh para pimpinan komisariat, terlihat dari penuturan salah satu pimpinan komisariat yaitu Ketua Komisariat FH UII, Alfad.

“Adanya materi yang membahas kultur di HMI di hari pertama menjadikan kita bersama merefleksikan kembali kultur perkaderan yang ada di HMI sejak dahulu, sehingga kita tidak sembarangan dalam melakukan pola perkaderan ataupun menghilangkan beberapa ciri khas kultur perkaderan di HMI yang sebenarnya baik,” ujar Alfad.

Gagasan bermunculan merespon permasalahan yang terjadi di negeri ini. Melalui pembagian beberapa komisi yang terdiri dari berbagai bidang pembahasan mulai dari Negara, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Demokrasi, Budaya, Sosial, Teknologi,  Hukum dan lainnya.  Dalam penuturannya Ketua Bidang PPO HMI MPO Cabang Yogyakarta, Noviyanti, mengatakan bahwa

“Dengan modal kurang lebih 22 komisariat di lingkup HMI Cabang Jogja saya rasa ini menjadi asset besar bagi kita bersama untuk mengkaji bersama permasalahan bangsa dari berbagai disiplin ilmu dan coba memunculkan rekomendasi bagi pemerintah,” ucap Ketua Bidang PPO HMI MPO Yogyakarta.

Forum ini memang direncanakan akan coba dihasilkan butir-butir poin rekomendasi bagi pemerintah yang akan langsung ditandatangani oleh semua unsur pimpinan komisariat di HMI MPO Cabang Yogyakarta.

Ervin Sapto Nugroho