HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Komisarit STKIP Muhammadiyah Cabang Bogor mengadakan Basic Training atau Latihan Kader 1 (LK1) di Vila Cipanas Gunung Salak Endah Kabupaten Bogor mulai Sabtu (22/11/2014).

Ketua HMI-MPO komisariat STKIP Muhammadiyah Bogor, Yogi Prasetyo, menjelaskan bahwa basic training atau LK I ini adalah upaya melanjutkan perkaderan dan perjuangan HMI, khususnya di Komisariat yang iklim kampusnya berbeda dengan mayoritas kampus di Bogor.

Ia menjelaskan dalam sambutannya bahwa latihan ini perlu untuk mengakselerasi kesadaran para pesertanya. “Mengakselerasi kesadaran sosial dalam perkaderan dan perjuangan HMI adalah tema yang diketengahkan pada batra ini, sehingga fungsi mahasiswa Islam bisa dimaksimalkan,” kata Yogi.

Senada dengan Yogi, Ketua Umum HMI-MPO Cabang Bogor, Asep Kurnia,  berharap sifat apatis yang marak di kalangan generasi muda dapat dikikis.

“Tantangan terbesar kita adalah melawan sifat apatis, hedonis, dan individualistis, karena hal demikian bukan dari muatan nilai dalam Islam, bahkan akan mengarahkan kepada kehancuran sistem sosial. Tema ini adalah derivasi dari tujuan HMI, ada tindakan yang diupayakan dalam mengakselerasi kesadaran, adalah tindakan perkaderan hmi,” paparnya.

Selain itu ia mengungkapkan, bahwa tantangan besar mahasiswa dan masyarakat, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA 2015 memerlukan kesiapan yang matang. “Akhirnya hanya dengan kesadaran dan kerja keras sebagai jihad yang bisa mewujudkan itu semua”, tegasnya di sela-sela pembukaan basic traning.