HMINEWS.COM

 Breaking News

UIN Ar-Raniry – ICAIOS akan Selenggarakan 9 Hari Pesta Akademik

UIN Ar-Raniry – ICAIOS akan Selenggarakan 9 Hari Pesta Akademik
November 13
18:53 2014

HMINEWS.Com – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan International Centre for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS) akan menyelenggarakan konferensi internasional tentang Aceh dan Kawasan Seputar Lautan Hindia yang ke-5.

Kegiatan konferensi akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 November 2014 bekerjasama dengan Earth Observatory of Singapore (EOS), sebuah lembaga observasi lingkungan dan bencana alam terbesar di Asia Tenggara. Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Ar-Raniry, Dr. Muhibuththabari, M.Ag, mengatakan bahwa selain kegiatan koferensi tersebut, ketiga lembaga ini juga menyelenggarakan beberapa kegiatan lainnya selama 9 hari terhitung semenjak tanggal 11 November 2014 nanti.

“UIN ingin konferensi yang ke-5 ini tidak hanya sebatas pertemuan ilmiah para 70 pakar dari 17 negara. Kita juga ingin mengambil kesempatan ini untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya, seperti diskusi draft buku, peluncuran buku baru, pemutaran film dokumenter hasil penelitian-penelitian para pembuat film kelas dunia seperti Isaac Kerlow yang pernah bekerja sebagai film director di Hollywood dan beberapa film lainnya dari Jepang dan Amerika Serikat. Juga akan ada pameran sejarah UIN, manuskrip Aceh dan poster hasil penelitian, dan pameran foto tsunami Aceh,” jelas Wakil Rektor tersebut.

Di lain pihak Direktur ICAIOS, Dr. Saiful Mahdi, menjelaskan bahwa konferensi ini adalah konferensi ICAIOS yang ke-5, dan UIN menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Konferensi sebelumnya dilaksanakan di Universitas Malikussaleh bekerjasama dengan Harvard University.

Lebih jauh Dr. Saiful yang alumni Cornell University ini mengatakan, Konferensi ini juga menjadi ajang peringatan 10 tahun Gempa dan Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Para peneliti dan lembaga penelitian internasional, nasional, dan Aceh sendiri akan melihat perubahan Aceh dan kawasan lautan Hindia dari berbagai kajian keilmuan. Mereka akan membahas bagaimana Aceh sebelum Tsunami, pada waktu emergency setelah Tsunami, dan 10 tahun kemudian.

Momentum peringatan 10 tahun Tsunami sudah dan akan menarik perhatian banyak pihak. Terbukti dengan tingginya minat ilmuan, peneliti, dan praktisi pembangunan dari berbagai negara untuk hadir pada ICAIOS V ini.

“Bahkan ada beberapa lembaga yang akan hadir dalam satu khusus tersendiri untuk mereka isi seperti The Japan Foundation, Nagoya University, Tim Nasional Percepatan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Indonesia dan peneliti dari Universitas Amsterdam – Universitas Auckland,” imbuh Dr. Saiful Mahdi yang juga dosen FMIPA Unsyiah.

Selain konferensi dan pemutaran film dokumenter, ICAIOS V juga menyelenggarakan 7 kegiatan lainnya. Sebagian besar kegiatan terbuka untuk publik dan gratis, seperti bazar buku yang akan dimulai pada tanggal 11 hingga 20 November, bedah buku, yang diantaranya adalah buku berjudul “Aceh di Mata Dunia” karya Dr. Hasan di Tiro dan “Perjuangan Janda Mantan PM Aceh Merdeka (Catatan Azimar, Istri Dokter Muchtar Hasbi)” karya Azimar sendiri dan dibantu oleh Zainal Arifin M Nur, dan “From Tsunami with Love” karya Dr. Dipo Alam, Sekretaris Kabinet Republik Indonesia pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketua Panitia, Dr. Anton Widyanto, mengharapkan agar masyarakat Aceh memamfaatkan kesempatan ini untuk menggiatkan tradisi membaca, belajar, dan berdiskusi dengan para ahli dari berbagai bidang. Apalagi yang datang adalah professor-professor ternama seperti Anthony Reid dari Australian National University, Prof. Michael Feener dari National University of Singapore, Prof. Kerry Sieh dari NTU, Prof. Ken Miichi dari Iwate Perfectural University, Jepang, dan para pakar lainnya dari 17 negara.

“Jadi sangat disayangkan bila kesempatan ini dilewatkan,” tegas Dr. Anton yang alumni Florida State University di Amerika Serikat.

Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 15 November 2014. Bisa dilihat di website panitia www.icaios2014.Acehresearch.org atau melalui email icaios_conf2014@acehresearch.org.

Menurut Dr. Anton, kegiatan ini sangat tepat diikuti oleh para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, jurnalis, staf pemerintah dan pengambil kebijakan lainnya, aktivis LSM dan penggerak masyarakat.

“Tentu saja ICAIOS V terbuka untuk peminat umum lainnya juga,” tambah Dr. Anton yang dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Ar-Raniry ini.

Pendaftaran dapat juga dilakukan langsung di ICAIOS dengan alamat Komplek PPISB Unsyiah atau Sekretariat Panitia di Biro Rektor UIN Ar-Raniry. Dr. Anton menambahkan, “Biaya pendaftaran yang sangat kecil itu sudah menjamin akses ke semua rangkaian kegiatan ICAIOS V, kecuali untuk Tsunami/Sabang Tour dan Workshop Statistik Kebencanaan. Untuk dua kegiatan ini, perlu biaya tambahan. Tapi semua yang lainnya sudah termasuk. Bahkan ada diskon khusus untuk mahasiswa.”

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.