yangmuda1HMINEWS.Com – Ribuan pelajar dan calon mahasiswa datang berjubel memenuhi ruang Krakatau II Hotel Horison Bekasi, memilah-milih kampus mana yang akan menjadi tujuan mereka menempuh pendidikan tinggi. Saling bergantian mendatangi stand 48 perguruan tinggi peserta Bekasi Edu Fair 2014.

Acara tersebut diselenggarakan yangmuda.com, mutco, trenindonesia, serta disponsori hminews.com dan mustang88 FM, bertempat di Hotel Horison Bekasi, 15-16 November 2014.

Peserta yang datang adalah pelajar dan lulusan SMA di Bekasi dan Jakarta. Dengan hadirnya 48 perwakilan universitas di satu lokasi, memudahkan muda-mudi tersebut mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar kampus dengan seluk beluk pendidikannya.

Salah seorang ibu yang datang, Yati, datang bersama anaknya, Dito. Ia mengaku sebenarnya bisa saja mengakses informasi kampus-kampus dari internet, tetapi ia memutuskan untuk datang langsung ke tempat pameran, agar lebih memotivasi anaknya.

“Ya biar tahu bagaimana ketatnya persaingan kalau lihat banyaknya peminat,” ujarnya di sela pameran.

Seorang pelajar, Rendi, mengatakan sudah dua kali mengikuti pameran pendidikan. Pada pameran yang diadakan yangmuda.com ini, menurutnya, sangat memudahkan dia untuk membandingkan banyak kampus sekaligus, tidak sebagaimana pameran pendidikan yang ia datangi di Bandung, yang hanya diselenggarakan oleh sebuah kampus, itu pun di lapangan dengan panas yang terik.

Ia masih kelas 3 di SMA 9 Bekasi. Ia mengutarakan minatnya untuk kuliah di UNJ, dengan jarak yang juga menjadi pertimbangannya. Berbeda dengan Rendi, senior satu sekolahnya, Langgeng, telah kuliah di semester awal Universitas Trisakti. Ia masih memerlukan datang ke pameran untuk menambah wawasan terhadap kampus-kampus lain.

Minat Calon Mahasiswa

Peminatan calon mahasiswa cukup beragam. Menurut Cecep yang menjaga stand UIN Bandung, para pengunjung paling banyak menanyakan fakultas teknik. Sementara pada stand Paramadina, paling banyak diminati adalah program studi Hubungan Internasional, kedua adalah manajemen. Sedangkan pada stand Universitas Tarumanegara, kedokteran paling banyak ditanyakan, meski kuota mahasiswa kedokteran dibatasi 50 orang tiap tahunnya.

IMG_20141116_161231Tidak hanya berjaga di stand, delegasi kampus pun mempresentasikan kampus masing-masing di hadapan pengunjung. Menyampaikan keunggulan yang sekiranya bisa menjadi penyebab para calon mahasiswa itu menjatuhkan pilihan. Kampus yang membuka stand pun beragam, negeri dan swasta di Jawa dan Sumatra.