HMINEWS.Com – Kader-kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) harus siap bersaing di era global, khususnya dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan segera menjelma. Demikian mengemuka dalam diskusi pembukaan Konferensi ke-50 HMI MPO Cabang Bogor.

Ketua Umum HMI MPO Cabang Bogor, TB Sandi Irawan dalam sambutannya mengatakan, melalui konferensi ke-50 ini, kader-kader HMI Cabang Bogor harus menyiapkan langkah konstruktif dan sistemik guna menyongsong serta sekaligus mampu bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) nantinya.

Hal itu sesuai tema yang diusung dalam Konferensi, yaitu ‘Memperkuat Basis Gerakan Intelektual dalam Menjawab Kesiapan Bogor Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.”

“Bagi HMI MPO Cabang Bogor, Masyarakat Ekonomi ASEAN harus disikapi dengan langkah-langkah konstruktif dan sistemik sehingga kader HMI mampu mengakselerasi kemampuannya dalam persaingan global di wilayah ASEAN,” kata TB Sandi Irawan dalam sambutannya, Ahad (9/11/2014).

Senada dengan apa yang disampaikan Ketua Cabang Bogor, Puji Hartoyo sebagai ketua Umum PB HMI-MPO Menyampaikan penjelasan  bahwa MEA adalah tantangan yang sudah menjelma untuk Indonesia terkhusus di sekitar ibukota, termasuk Bogor yang merupakan daerah penyangga ibukota.

“Jakarta sebagai kota metro politan, ditambah Bogor serta beberapa kota di wilyah sekitarnya akan diarahkan menjadi kota megapolitan, sehingga jelas bahwa pasar global akan berperan di dalamnya,” tegasnya di sela-sela sambutan sebelum ia membuka konferensi.