jokoprabHMINEWS.Com – Tercapai kesepakatan, kubu Jokowi-JK dengan Koalisi Merah Putih akan saling dukung dan saling mengoreksi selama satu periode ke depan. Jokowi telah bertemu tiga Ketua DPR dan MPR (Zulkifli Hasan dan Setya Novanto) yang keduanya berasal dari Koalisi Merah Putih, serta dengan Ketua DPD, Irman Gusman.

Pertemuan selama dua jam itu berlangsung di Hotel Hermitage, Jalan Cilacap, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (10/10/2014) malam.

Ketua DPR yang berasal dari Partai Golkar, Setya Novanto, mengatakan Koalisi Merah Putih dengan Presidiumnya Aburizal Bakrie akan mendukung program Pemerintahan Jkowi-JK selama berpihak pada rakyat. Ia melihat ada titik temu yang memungkinkan bagi kedua belah pihak untuk membangun kerjasama.

“Kalau pemerintah melakukan yang baik ya kita beri jalan, tapi kalau ada ketidaksesuaian atau ada penyimpangan maka kita luruskan bersama demi rakyat aman, rakyat senang dan sejahtera,” kata Setya Novanto usai pertemuan.

Setya juga melihat program-program Jokowi-JK yang bisa didukung dan disinergikan, di antaranya politik anggaran, legislasi undang-undang dan pengawasan. “Akan kita kaji dan kita sampaikan mana yang bisa kita lakukan lebih cepat, dan itu lebih efektif,” lanjutnya.

Presiden terpilih, Joko Widodo berharap agar tidak ada lagi yang bertanya soal upaya penjegalan saat pelantikan, penjegalan program-program pemerintahannya, maupun isu pemakzulan yang dihembuskan.

“Ke depan seperti apa, saya kira beliau-beliau (Ketua DPR, DPD dan MPR) mendukung penuh apa yang kita lakukan ke depan. Jadi jangan ada yang bertanya lagi, pemerintah dengan DPR tidak takut-takut, saya pastikan. Tidak ada masalah. Dengan MPR tidak ada masalah, dengan DPD tidak ada masalah,” kata Jokowi.

Ketua MPR terpilih, Zulkifli Hasan mengatakan hal senada. “Tak ada lagi isu penjegalan. Sampai tanggal 20 kita jaga suasana sejuk, aman, dan damai sehingga dapat terlaksana pelantikan dengan khidmat,” ujar mantan Menteri Kehutanan tersebut.