diskusi fe uiiHMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Komisariat Fakultas Ekonomi UII mengadakan diskusi jurnalistik. Kali ini diskusi diadakan di ruang terbuka, yaitu di kompleks Candi Gebang, Sleman – Yogyakarta. Diskusisambil refreshing, kata panitianya, Ahad (26/10/2014) pagi.

Diskusi jurnalistik ini menghadirkan senior HMI MPO Yogya yang juga merupakan seorang penulis, yaitu Ahmad Sahide, dan pengurus Komisariat, Uli Febriarni.

Pemateri pertama, Ahmad Sahide, membahas seputar Kode Etik Jurnalistik, khususnya etika penulisan yang benar. Kedua, ia membahas fungsi media, yang dalam fungsi sebenarnya adalah menyampaikan fakta yang benar dan relevan.

Menurutnya, yang terjadi saat ini, media marak dengan ketidak-berimbangan. Hal lain yang juga melanggar kode etik adalah  pemutar-balikan fakta dan plagiarisme. Selain itu, sambungnya, idealnya media massa selalu berimbang, memberikan informasi yang benar dan akurat.

Selain dikusi jurnalistik, pada hari yang sama Komisariat FE UII juga ada kegiatan lain, yaitu kunjungan dari HMI MPO FE UMY, sama-sama di bawah HMI MPO Cabang Yogya. Adapun diskusi jurnalistik, diselenggarakan oleh Unit Pers dan Media Informasi, yang merupakan unit kerja dari HMI MPO FE UII.