HMINEWS.COM

 Breaking News

Batra FEB UGM Diikuti Peserta dari Tiga Kampus

Batra FEB UGM Diikuti Peserta dari Tiga Kampus
September 25
02:35 2014

batraHMINEWS.Com – Latihan Kader 1 (LK 1) HMI Komisariat FEB UGM diadakan pada 12-14 September 2014 diikuti oleh 23 peserta dari tiga kampus yaitu UGM, UMY, dan UIN Sunan Kalijaga. Batra (Basic Training) kali ini berbeda dengan biasanya karena materi Mulok diisi oleh salah satu alumni HMI FEB UGM, Dr. Revrisond Baswir, 12-14 September 2014.

Dr. Revrisond Baswir yang biasa disapa Pak Soni ataupun Kanda Soni berbagi pengalaman dan pandangannya mengenai organisasi pergerakan dan musuh yang harus dilawan pada era globalisasi seperti ini.

Tidak seperti dialog maupun perbincangan dengan alumni HMI lainnya, Kanda Soni memberikan wejangan kepada anggota dan calon anggota HMI mengenai prinsip yang harus dipegang teguh. Beliau menjelaskan HMI MPO lahir dari semangat untuk menjaga prinsip walau ada gejolak politik yang mempengaruhi.

HMI MPO beruntung karena independen sehingga bisa memiliki sikap sendiri, terlepas dari dinamika politik nasional. Namun, pada kenyataannya ada beberapa alumni HMI yang meninggalkan prinsipnya demi kepentingan politik dan kepentingan pribadinya. Menurut Kanda Soni memang godaan di dunia itu tidak ada habisnya sehingga alumni-alumni pun banyak juga yang akhirnya menuju jalan yang tidak sesuai prinsip yang dipegangnya.

Kanda Soni mengutarakan kritikan pedas ini bukan hanya dilatarbelakangi keberaniannya dalam mengungkapkan apa yang beliau pikirkan namun juga kepeduliannya pada prinsip yang dipegang di HMI MPO yaitu independensi dan berpegang pada prinsip yang diyakini benar. “Lebih baik kita mengkritik organisasi yang diikuti daripada menginjak-injak prinsip. HMI bukan alat menghalalkan segala cara”.

Beliau juga menanyakan kepada kami semua “Rejeki, jodoh, mati di tangan Allah SWT. Percaya atau tidak?” Beliau menanyakan hal ini karena menurut beliau banyak mantan aktivis yang justru berebut kekuasaan karena tidak mempercayai bahwa rejeki ada di tangan Allah SWT.

Beliau juga mengingatkan kepada kami bahwa jangan berikan kekuasaan kepada siapa yang menghendaki karena itu akan mengkhianati.

Sesi dialog dengan alumni ini diakhiri dengan harapan yang disampaikan oleh Kanda Soni kepada anggota HMI yaitu HMI nantinya akan mampu melahirkan guru-guru bangsa, bukan melahirkan mafia-mafia karena HMI bukanlah organisasi yang melatih mahasiswa menjadi poli-”tikus” namun menjadi seorang mahasiswa yang kritis dan berpegang teguh pada nilai-nilai Islam yang diyakini.

Aanisah Kusdinar Purwandari
FEB UGM

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Facebook Kami

Dapatkan update berita kami

Terimakasih sudah berlangganan

Terjadi kesalahan.

About

Hminews.com adalah website media pergerakan anak muda masa kini. Kami mewartakan berita dan opini dari anak muda dari berbagi pergerakan mahasiswa. kirim artikel anda ke redaksi at hminews.com.