SerangHMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Serang mengingatkan DPRD baru agar transparan, partisipatif dan akuntabel. Pesan-pesan itu mereka sampaikan dengan pembacaan puisi Widji Thukul dan puisi WS Rendra sesaat menjelang pelantikan DPRD Kota Serang, Banten.

Menurut para kader HMI MPO Cabang Serang, aksi tersebut sebagai kado buat para wakil rakyat agar tidak lupa pada janji dan amanah mereka. “Mimbar bebas pembacaan puisi karya Wiji tukul dan WS Rendra, hadiah cantik untuk pelantikan sang wakil rakyat,” ujar Arofiah, Rabu (03/09/2014).

Sebagai wakil rakyat, menurutnya, para anggota dewan harus komit pada tiga hal di atas. Transparan atau terbuka agar masyarakat bisa melihat kinerja mereka. Partisipatif benar-benar mendengar aspirasi dari masyarakat bawah yang mereka wakili, dan akuntabel, berbuat sesuatu yang jelas dan bermanfaat.

Kinerja periode sebelumnya juga menjadi kritikan dari  mahasiswa, dimana mereka menganggap bahwa DPRD Kota Serang periode sebelumnya lebih mengejar kuantitas daripada kualitas, dibuktikan dengan masih adanya 23 Perda yang belum dibuatkan Peraturan Walikota (Perwal) nya.

Selain pembacaan puisi, mahasiswa pun mengingatkan dengan pembacaan Al Qur’an. Aksi ditutup dengan membacakan doa bersama agar rakyat Banten dapat lebih sejahtera dan Anggota Legislatif yang terpilih dapat amanah.